Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyektor Portable The Freestyle Samsung Dijual di Indonesia, Harga Rp 15 Juta

Kompas.com - 05/03/2022, 10:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan Januari lalu, Samsung memperkenalkan poryektor portabel The Freestyle di ajang pameran elektronik Consumer Electronics Show (CES) 2022. Perusahaan asal Korea Selatan itu akhirnya memboyong proyektor portabel tersebut ke Tanah Air.

The Freestyle mempunyai bentuk yang ringkas menyerupai kamera CCTV dengan bobot yang diklaim hanya 835 gram. Terdapat sebuah dudukan (cradle) yang memungkinkan perangkat ini bisa diputar hingga 180 derajat.

Head of TV Product Marketing Samsung Electronics Indonesia, Fomalhaut Sundamen mengatakan bahwa proyektor portabel The Freestyle dapat digunakan untuk menampilkan visual di berbagai jenis permukaan, seperti dinding, atap rumah, lantai, hingga tenda.

"The Freestyle ringkas tanpa layar, mudah dibawa-bawa, sehingga pengguna dapat menampilkan streaming video, foto liburan, hingga konten presentasi pada ukuran sampai 100 inci di permukaan apapun," kata Fomalhaut dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (4/3/2022).

Baca juga: Samsung Rilis Proyektor Mini dengan Fitur Smart TV, Bisa Dipesan di Indonesia

Proyektor portabel ini menyediakan beragam layanan dan aplikasi yang tersedia di deretan Samsung Smart TV. Pengguna bisa menayangkan aneka jenis konten dari layanan streaming video on demand populer tanpa harus menghubungkan proyektor dengan smartphone, laptop, atau perangkat TV.

Proyektor portabel The Freestyle sudah disertifikasi oleh penyedia layanan over-the-Top (OTT) terkemuka di dunia, seperti Netflix, YouTube, HBO Max, dan Prime Video.

Pengguna bisa menampilkan konten yang ada di smartphone miliknya, seperti koleksi video, foto liburan, atau dokumen pekerjaan ke berbagai permukaan.

Untuk mendukung kemampuan tersebut, proyektor ini memiliki fitur screen mirroring dengan aplikasi SmartThings untuk smartphone Android maupun iOS. Sementara di lini smartphone Samsung Galaxy, terdapat fitur casting yang bisa menampilkan visual dengan sekali ketukan Tap View.

Samsung mengeklaim bahwa konten visual bakal bisa ditonton secara proporsional dan tidak terdistorsi, meskioun ditembakkan ke dinding.

Hal itu dimungkinkan berkat fitur auto keystone yang berguna untuk mengoreksi gambar pada permukaan yang miring, sehingga pengguna bisa menikmati gambar di layar persegi panjang yang tegak lurus.

Baca juga: Cara Membuat HP Menjadi Proyektor

Kemudian, ada fitur auto leveling yang akan memastikan gambar tetap dalam posisi mendatar, walaupun diproyeksikan ke permukaan yang miring atau tidak rata. Proyektor portabel ini juga memiliki fitur auto focus untuk memastikan gambar yang ditampilkan tetap tajam dan jernih saat ditonton dari berbagai sudut.

Ilustrasi The Freestyle saat digunakan untuk menonton film di permukaan langit-langit rumah.dok. Samsung Ilustrasi The Freestyle saat digunakan untuk menonton film di permukaan langit-langit rumah.

Proses set-up serta penentuan titik lokasi proyektor juga disebut tidak membutuhkan waktu yang lama berkat kehadiran fitur Scale & Move. Dengan demikian, pengguna bisa mengatur posisi dan ukuran gambar atau video yang terproyeksi tanpa perlu menggeser atau mengubah lokasi proyektor.

Ukuran layar yang ditampilkan melalui proyektor portabel The Fresstyle mencapai 30 hingga 100 inci, sehingga bisa disesuaikan pada skala ruangan besar maupun kecil.

Proyektor portabel The Freestyle telah dilengkapi dengan dual passive radiator untuk menghasilkan suara bass yang jernih dengan pancaran 360 derajat, sehingga dapat menjangkau berbagai sudut ruangan.

Tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk menampilkan video, proyektor portabel The Freestyle juga dapat menciptakan suasana apapun seperti nuansa hujan, deru ombak di pantai, hingga background untuk perayaan ulang tahun.

Proyektor portabel The Freestyle ditunjang dengan baterai yang dapat diisi ulang dengan port USB-PD dengan output 50W/20V atau lebih tinggi. Ketika habis, baterai The Freestyle juga bisa diganti menggunakan baterai eksternal.

Baca juga: Epson Indonesia Rilis Proyektor 3LCD Baru untuk Kantor dan Sekolah

Di Indonesia, proyektor portabel The Freestyle dijual dengan harga Rp 14.999.000. Samsung telah membuka sesi pemesanan awal (pre-order/PO) pada 1-31 Maret 2022 melalui situs www.samsung.com/id.

Peminat yang tertarik untuk memesan proyektor The Freestyle selama periode PO berlangsung bisa berkesempatan mendapatkan cashback hingga sebesar Rp 2.000.000 dan bonus langsung berupa travel case senilai Rp 899.000 dan powerbank 65 Wayy senilai Rp 699.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com