Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo Reno7 Z 5G

Kompas.com - 05/03/2022, 19:02 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo telah meluncurkan sebuah ponsel terbaru ke pasar Indonesia yakni Reno7 Z 5G. Ponsel ini mengunggulkan aspek desain, kamera, serta baterai yang dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat SuperVOOC.

Reno7 Z 5G dipasarkan dengan harga Rp 5.999.000 dengan konfigurasi RAM dan memori internal 8 GB/256 GB.

Dengan harga tersebut, apa saja yang ditawarkan Oppo pada paket penjualan Reno7 Z 5G? Untuk mengetahui jawabannya, KompasTekno mencoba melakukan unboxing pada kotak kemasan Reno7 Z 5G yang dirilis di Indonesia.

Isi kotak kemasan Reno7 Z 5G

Dilihat dari bagian luar kotak kemasan, Oppo nampak kembali mengadopsi desain klasik boks penjualan yang serupa dengan lini Reno series lainnya.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Oppo Reno7 Z 5G di Indonesia

Kotak kemasan Reno7 Z 5G didominasi dengan warna hijau tosca. Di bagian pojok kiri atas, terdapat teks angka "7" yang terlihat mendominasi kotak kemasan ponsel.

Isi kotak kemasan Oppo Reno7 Z 5G mencakup satu buah unit ponsel Reno7 5G, kabel dan adapter charger, SIM Card eject tool, softcase, kartu garansi, buku panduan, serta nomor perdana Telkomsel prabayar.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Isi kotak kemasan Oppo Reno7 Z 5G mencakup satu buah unit ponsel Reno7 5G, kabel dan adapter charger, SIM Card eject tool, softcase, kartu garansi, buku panduan, serta nomor perdana Telkomsel prabayar.

Ada pula teks "Reno7 Z 5G" di bagian kiri bawah kanan yang menunjukkan nama model perangkat yang tersimpan di dalam kotak kemasan.

Ketika dibuka, kotak kemasan Reno7 Z 5G berisi aksesori yang terbilang standar. Terdapat satu buah unit ponsel Reno7 5G, kabel dan adapter charger, SIM Card eject tool, softcase, kartu garansi, buku panduan, serta nomor perdana Telkomsel prabayar.

Bodi kokoh

Bagian punggung Oppo Reno7 Z 5G dirancang dengan lapisan Oppo Glow dengan proses Laser Direct Imaging (LDI) sehinga menghasilkan gradien warna saat terkena cahaya.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Bagian punggung Oppo Reno7 Z 5G dirancang dengan lapisan Oppo Glow dengan proses Laser Direct Imaging (LDI) sehinga menghasilkan gradien warna saat terkena cahaya.

KompasTekno berkesempatan untuk memegang langsung unit Reno7 Z 5G varian warna Rainbow Spektrum. Saat pertama kali digenggam, ponsel ini memberikan kesan yang kokoh, cukup ringan, serta tidak licin.

Reno7 Z 5G sejatinya tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Rainbow Spektrum dan Cosmic Black. Di antara keduanya, varian Rainbow Spektrum memiliki ketebalan 7,55 mm.

Dimensi bodi tersebut sedikit lebih tebal apabila dibandingkan dengan pilihan warna Cosmic Black yang mempunyai ketebalan mencapai 7,49 mm.

Baca juga: Evolusi Desain Oppo Reno Series, dari Ponsel Sirip Ikan Hiu hingga Jagokan Teknologi Laser Direct Imaging

Ponsel ini mempunyai empat sudut yang membulat dengan bagian tepi yang terlihat sedikit melengkung.

Reno7 Z 5G varian Rainbow Spektrum tergolong unik lantaran mampu menampilkan gradasi warna yang berbeda ketika terpapar cahaya.

Proses perubahan warna tersebut dapat terjadi berkat lapisan Oppo Glow yang menyelimuti bagian punggung Reno7 Z 5G. Lapisan Oppo Glow juga diklaim bebas noda dan ramah akan bekas sidik jari.

Oppo turut mengombinasikan Oppo Glow dengan proses Laser Direct Imaging (LDI), sebuah teknik yang diterapkan untuk meniru gambaran jejak bintang pada bagian punggung Reno7 Z 5G.

Bagian punggung Reno7 Z 5G dihuni oleh tiga buah kamera dan satu lampu LED Flash. Dua dari kamera tersebut mempunyai ukuran yang lebih besar dan terlihat mendominasi bagian punggung ponsel.

Di sisi bagian kanan, terdapat satu buah tombol power untuk menghidupkan atau menonaktifkan perangkat.

Di sisi kiri Oppo Reno7 Z 5G terdapat tombol volume naik dan turun, serta laci untuk kartu SIM dan microSD.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Di sisi kiri Oppo Reno7 Z 5G terdapat tombol volume naik dan turun, serta laci untuk kartu SIM dan microSD.

Sementara di sisi kiri, ada tombol volume naik dan turun, serta laci untuk kartu SIM dan microSD.

Karena laci ini bersifat hybrid, maka satu slot dapat digunakan untuk menampung satu kartu SIM utama, sedangkan satu slot lainnya digunakan untuk kartu SIM kedua atau MicroSD.

Bagian bawah Reno7 Z 5G dihiasi dengan port jack audio 3,55 mm, port USB Type-C dan speaker.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Bagian bawah Reno7 Z 5G dihiasi dengan port jack audio 3,55 mm, port USB Type-C dan speaker.

Lalu di bagian bawah, Reno7 Z 5G disertai dengan rangkaian port yang terdiri dari jack audio 3,55 mm, port USB Type-C dan speaker.

Layar AMOLED

Beralih ke bagian depan, Reno7 Z 5G dibekali layar AMOLED seluas 6,4 inci. Secara keseluruhan, bagian tepi atas dan samping ponsel ini dibingkai dengan bezel yang cukup tipis.

Namun di bagian bawah ponsel, KompasTekno mendapati ukuran bezel yang cukup tebal sehingga terlihat menampilkan sebuah bar berwarna hitam.

Layar Reno7 Z 5G mempunyai resolusi Full HD Plus, refresh rate 60 Hz, dan sudah dilapisi pelindung anti-gores.

Tampak punggung Oppo Reno7 Z 5G.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Tampak punggung Oppo Reno7 Z 5G.

Dengan refresh rate yang dikunci di angka 60 Hz, pengalaman saat menggulirkan layar tentu tidak akan lebih mulus.

Baca juga: Varian Oppo Reno7 yang Tidak Masuk Indonesia

Namun hal ini bisa dimaklumi, lantaran 60 Hz merupakan standar umum yang digunakan pada berbagai perangkat ponsel.

Dari segi keamanan, Reno7 Z 5G dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang dibenamkan di bawah layar ponsel.

Tidak lupa, di bagian atas layar perangkat terdapat kamera selfie 16 yang dibenamkan dalam sebuah punch hole.

Spesifikasi dan harga Reno7 Z 5G di Indonesia

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membeli dan mencoba sendiri sensasi saat menggunakan Reno7 Z 5G?

Jika iya, maka ada baiknya untuk menyimak spesifikasi dan harga Reno7 Z 5G melalui tabel berikut ini:

Spesifikasi  Reno7 Z 5G
Dimensi dan bobot 159,85 mm x 73,17 mm x 7,49-7,55 mm, 173 gram
Layar AMOLED 6,43 inci, Full HD Plus (2.400 × 1.080 piksel), refresh rate 60 Hz, touch sampling rate 180 Hz, tingkat kecerahan 600 nits, kerapatan piksel 409 ppi, rasio bodi ke layar 90,8 persen
Chipset

Qualcomm Snapdragon 695 5G (6nm)

CPU dan GPU CPU: Octa-core (2x2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 660 Silver)
GPU: Adreno 619 @840MHz
RAM dan memori penyimpanan RAM: 8 GB + RAM Expansion 5GB
Penyimpanan media: 128 GB
SIM dan microSD Dual SIM (Nano) + microSD hingga 1 TB (hybrid)
Kamera depan Kamera selfie 16 MP (f/2.4)
Kamera belakang Kamera utama 64 MP (f/1.7)
Kamera bokeh 2 MP (f/2.4)
Kamera makro 2 MP (f/2.4)
Sistem operasi Android 11, ColorOS 12
Baterai 4.500 mAh, SuperVOOC 33 Watt
Fitur lainnya NFC, in-display fingerprint sensor, dual orbit light, IPX4, Bluetooth 5.1, Wi-Fi 5, tethering Wi-Fi, GPS
Warna Rainbow Spectrum dan Cosmic Black
Harga Rp 5.999.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com