Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Rilis Monitor Gaming Odyssey Neo G9, G7, dan G5 di Indonesia

Kompas.com - 07/03/2022, 14:31 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung meluncurkan tiga model monitor gaming Odyssey untuk pasar Indonesia, yaitu Odyssey Neo G9, Odyssey G7, dan Odysses G5.

Dari ketiganya, monitor gaming Odyssey Neo G9 memiliki spesifikasi paling mumpuni dan dibanderol dengan harga paling mahal.

Odyssey Neo G9

Samsung Odyssey Neo G9 merupakan perangkat yang cocok bagi gamer yang ingin mendapatkan pengalaman bermain paling imersif, karena Neo G9 sudah menggunakan teknologi Quantum Matrix (Mini LED).

"Samsung menjawab keinginan dan harapan para gamer yang antusias mencari pengalaman bermain paling imersif dan intens dengan Odyssey Neo G9," kata Head of Display Business, Samsung Electronics Indonesia, Elly dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (7/3/2022).

Baca juga: Monitor Gaming LG UltraGear GP850 Masuk Indonesia, Harganya?

"Lompatan teknologi pada Odyssey Neo G9 kini menghadirkan visual gaming terunggul dengan dukungan layar Mini LED, kecerahan puncak hingga 2000 nits, dan rasio kontras hingga 1.000.000:1," lanjut Elly.

Odyssey Neo G9 pun diklaim menjadi monitor gaming lengkung (curved gaming monitor) pertama di dunia yang menggunakan layar Mini LED berukuran 49 inci.

Teknologi Quantum Matrix pada monitor Neo G9 ini memanfaatkan LED berukuran 1/40 dari ukuran LED konvensional dengan gradasi 12-bit yang disempurnakan. Hal ini memungkinkan pengguna dapat menikmati tampilan game sebagaimana mestinya.

Teknologi Mini LED tersebut digadang-gadang memungkinkan layar monitor gaming ini menampilkan detail paling halus dalam game apa pun yang dimainkan pengguna.

Monitor gaming Odyssey Neo G9.dok. Samsung Indonesia Monitor gaming Odyssey Neo G9.
Layar 49 inci Odyssey Neo G9 ini memiliki rasio aspek 32:9, resolusi Dual Quad High-Definition (5.120 × 1.440 piksel), refresh rate 240 Hz, Quantum HDR 2000.

Monitor dengan desain bingkai futuristik ini memiliki waktu respons 1 ms (GTG). Artinya, monitor dapat merespons sinyal input grafis dalam 0,001 detik, dan mendukung teknologi Nvidia G-Sync.

Lengkungan layar Odyssey Neo G9 yang mencapai 1000R juga disebut dapat menciptakan pengalaman bermain yang imersif.

Odyssey Neo G9 dibekali dengan sejumlah port seperti HDMI 2.1, DisplayPort 1.4 dan USD 3.0 port. Port tersbut berguna untuk menyambungkan berbagai perangkat ke monitor.

Baca juga: Samsung Pamer Monitor Layar Lengkung Odyssey Ark 55 Inci di CES 2022

Ada pula fitur Auto Source Switch+ yang dapat membantu para gamer untuk berpindah sumber input tampilan saat ada perangkat lain yang disambungkan dengan port tadi.

Odyssey Neo G9 juga menyediakan Adaptive Sync pada DP1.4 dan HDMI2.1 VRR (Variable Refresh Rate) melalui HDMI 2.1 dengan Nvidia G-Sync Compatibility dan AMD FreeSync Premium Pro.

Dukungan tersebut digadang-gadang dapat menghadirkan adegan demi adegan game yang dinamis dan mulus untuk pengalaman bermain yang lebih baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com