Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy Tab A8

Kompas.com - 08/03/2022, 17:01 WIB
Reska K. Nistanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan secara global pada Desember 2021 lalu, tablet Samsung Galaxy Tab A8 resmi dijual di Indonesia pada awal 2022.

Tablet dengan layar 10,5 inci ini terdiri atas dua versi, yaitu WiFi Only dan versi LTE (SIM card).

Samsung Galaxy Tab A8 versi WiFi Only dijual dengan harga Rp 3 juta, sedangkan versi LTE dijual Rp 4,5 juta. Selain beda koneksi, kapasitas RAM dan penyimpanannya juga berbeda.

Samsung Galaxy Tab A8 versi WiFi Only dibekali RAM dan penyimpanan 3 GB/32 GB. Sementara untuk versi LTE memiliki RAM dan penyimpanan yang lebih tinggi, yakni 4 GB/128 GB.

Dalam paket pembeliannya, Galaxy Tab A8 memiliki kelengkapan standar, seperti kepala charger beserta kabel USB C, dan SIM card ejector, selain tentunya buku panduan pemilik.

Baca juga: Samsung Galaxy Tab A8 Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 3 Juta

Kelengkapan dalam kotak pembelian Samsung Galaxy Tab A8.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Kelengkapan dalam kotak pembelian Samsung Galaxy Tab A8.
Tablet dibungkus dengan kain lembut saat dibuka dari kotaknya. Kain ini juga bisa digunakan sebagai pembungkus sehari-hari, untuk melindungi layar saat perangkat dimasukkan ke dalam tas.

Hands-on Galaxy Tab A8

Untuk unit tabletnya sendiri, Galaxy Tab A8 menggunakan casing aluminium. Permukaan logam di bagian belakang diberi aksen pita plastik tipis yang melintang di seluruh lebar table.

Di bagian belakang juga tersemat satu kamera utama dengan resolusi 8 megapiksel. Logo Samsung juga berada di belakang.

Sementara kamera depan Samsung Tab A8 beresolusi 5 megapiksel. Kamera depan ini diletakkan di bezel sisi kanan saat tablet diorientasikan dalam posisi vertikal.

Sehingga, saat tablet diletakkan posisi horizontal, kamera depan akan berada di sisi tengah atas, layaknya laptop.

Fitur ini berguna saat tablet digunakan untuk video call seperti Zoom meeting untuk bekerja atau pembelajaran online. Video yang ditampilkan tidak terlihat aneh karena efek kamera di samping.

Baca juga: Fitur Galaxy Tab A8 yang Dijual Mulai Rp 3 Juta di Indonesia

Kamera depan Samsung Galaxy Tab A8 berada di sisi atas saat diletakkan dalam orientasi portrait.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Kamera depan Samsung Galaxy Tab A8 berada di sisi atas saat diletakkan dalam orientasi portrait.
Bezel layar tablet ini tergolong lebar, sekitar 1 cm. Sehingga, menghasilkan rasio bodi-ke-layar 80 persen, sedikit bertambah dibanding Galaxy Tab A7 yang 79 persen.

Namun, ukuran tersebut masih lebih kecil dibanding tablet premium Samsung Galaxy Tab S7 yang punya rasio bodi-ke-layar 83 persen.

Bagusnya, bezel yang sedikit lebar ini juga mencegah input tak sengaja ke layar TFT-nya, saat menggenggam tablet dari samping.

Tombol daya dan volume diposisikan di sisi kanan tablet. Sementara di sisi kiri bawah terdapat slot SIMcard beserta MicroSD.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com