Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Ini Gelar Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru lewat Game Minecraft

Kompas.com - 09/03/2022, 10:16 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber dotesports

KOMPAS.com - Universitas Yeungnam di Korea Selatan, menggunakan game Minecraft untuk menggelar upacara penerimaan mahasiswa baru di kampus tersebut.

Hal tersebut dilakukan tak lain karena pandemi Covid-19 yang membuat interaksi sosial banyak beralih ke digital.

Kegiatan virtual ini diungkap dalam sebuah video berdurasi sekitar satu menit yang  ramai diperbincangkan di forum Reddit.

Di dalam video tersebut, tampak seluruh mahasiswa kampus memakai baju atau skin yang beragam. Mereka berkumpul di sebuah ruangan auditorium virtual untuk menghadiri upacara dan pidato yang digelar pihak kampus.

Baca juga: Penjualan Game Minecraft Tembus 200 Juta Kopi

Ilustrasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Yeungnam yang menggunakan Minecraft.Reddit Ilustrasi penerimaan mahasiswa baru Universitas Yeungnam yang menggunakan Minecraft.
Selain acara formal, ada pula sejumlah kegiatan yang bisa diikuti oleh mahasiswa baru secara virtual.

Beberapa di antaranya seperti memainkan game interaktif, mengunjungi beberapa tempat penting yang ada di kampus secara virtual. Tempat dan bangunan tersebut juga dibuat di Minecraft berdasarkan kondisi nyata. 

Kegiatan tersebut lantas diakhiri dengan pesta kembang api virtual bisa yang disaksikan oleh mahasiswa baru Universitas Yeungnam, tentunya yang hadir dan masuk ke dalam dunia virtual kampus tersebut.

Dibuat oleh club Minecraft

Ilustrasi pesta kembang api yang digelar pihak Universitas Yeungnam untuk menyambut mahasiswa baru.Reddit Ilustrasi pesta kembang api yang digelar pihak Universitas Yeungnam untuk menyambut mahasiswa baru.
Dunia virtual Minecraft yang menyerupai lingkungan kampus Universitas Yeungnam ini sendiri dirancang selama kurang lebih dua minggu oleh organisasi kampus yang disebut sebagai Yeungnam University Minecraft Server Club (YUMC).

Organisasi tersebut dibentuk pada Februari 2022 lalu dan dikabarkan telah memiliki anggota sekitar 300 mahasiswa dari berbagai jurusan.

Baca juga: Minecraft Jadi Game yang Paling Banyak Ditonton di YouTube

Ketua YUMC, Seo Seung-wan, mengatakan bahwa dunia virtual ini sendiri dibuat sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk berkomunikasi serta melakukan berbagai kegiatan positif, terutama bagi para mahasiswa baru yang ingin mengenal lingkungan kampusnya.

"Saya sangat sedih bahwa para mahasiswa tidak bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan kampusnya di masa pandemi Covid-19 ini," ujar Seung-wan, dikutip KompasTekno dari Dotesports, Rabu (9/3/2022).

"Oleh karena itu, saya membuat organisasi ini sebagai wadah bagi mereka untuk berpartisipasi dalam berbagai aktivitas seru melalui dunia virtual Minecraft," imbuh Seung-wan.

Selain digunakan sebagai upacara untuk menyambut mahasiswa baru, dunia virtual Universitas Yeungnam di Minecraft juga biasa digunakan untuk beberapa acara penting seperti rapat virtual, hingga pelepasan mahasiswa yang akan menjalankan tugas wajib militer (wamil).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber dotesports
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com