Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Membuka Dua Akun WhatsApp Sekaligus di PC dengan Mudah

Kompas.com - 09/03/2022, 14:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.comCara membuka dua Akun WhatsApp sekaligus di PC atau komputer sebenanrya tidaklah sulit. Anda bisa membuka dua akun WhatsApp yang berbeda secara bersamaan di PC tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Secara resmi, WhatsApp sebagai platform pesan instan terpopuler saat ini, sebenarnya tidak menyediakan fitur khusus yang memungkinkan pengguna bisa membuka dua akun dalam satu perangkat.

Persoalan mengenai tiadanya fitur yang bisa membuka dua akun WhatsApp di satu perangkat, mungkin kerap dirasakan oleh pengguna dengan ponsel yang mendukung Dual SIM atau dua nomor telepon.

Baca juga: 6 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Perlu Uninstall

Pendaftaran WhatsApp sendiri memang menggunakan nomor telepon. Asumsinya, pengguna dengan dua nomor telepon tersebut bisa memiliki dua akun WhatsApp yang berbeda juga.

Meski secara proses registrasi memungkinkan terjadinya kepemilikan dua akun, namun WhatsApp tidak menyediakan fitur atau layanan untuk bisa mengoperasikan dua akun tersebut dalam satu perangkat ponsel.

Pengguna ponsel dengan dua akun WhatsApp biasanya mengakali dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti Dual Messenger, Dual Apps, dan sebagainya. Tampaknya memang sulit untuk membuka dua akun WhatsApp di satu perangkat.

Tak heran, sebagian pengguna menanyakan mengenai apakah bisa membuka dua akun WhatsApp di Google Search. Jangankan di ponsel, pengguna dengan dua akun WhatsApp tersebut juga tidak bisa mengoperasikannya secara bersamaan di PC.

Baik WhatsApp versi Web maupun aplikasi WhatsApp versi Dekstop, juga tidak menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna bisa membuka dua akun secara bersamaan.

Berdasarkan pengujian KompasTekno di WhatsApp Web dan aplikasi WhatsApp Dekstop, membuka dua akun berbeda dipastikan memang tidak bisa dilakukan oleh pengguna. Setidaknya terdapat empat pengujian yang sudah dilakukan.

Pertama, membuka dua akun di WhatsApp Web dengan dua tab berbeda pada satu browser. Kedua, membuka dua akun di WhatsApp Web dengan dua jendela berbeda menggunakan satu browser.

Ketiga, membuka dua akun di WhatsApp Web dengan dua jendela berbeda menggunakan dua browser yang berbeda pula, yakni Safari dan Chrome. Terakhir, membuka satu akun di WhatsApp Web dan satu lagi di WhatsApp Dekstop.

Dari seluruh pengujian tersebut menunjukkan hasil yang sama. Akun yang sudah masuk di salah satu platform bakal tertutup, bila ada akun baru yang hendak masuk. WhatsApp memberikan peringatan bahwa terdapat akun baru yang akan masuk.

Sederhananya, dua akun yang berbeda tersebut tidak bisa masuk secara bersamaan di satu PC hingga pengguna mengaktifkan Incognito Mode. Sebagian dari Anda mungkin bingung apa hubungannya dengan mengaktifkan Incognito Mode.

Baca juga: 6 Ciri-ciri WhatsApp Disadap serta Cara Mengatasinya

Berdasar pengujian lebih lanjut, ternyata cara membuka dua akun WhatsApp di PC bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur Incognito Mode atau mode penyamaran, yang terdapat pada browser di PC.

Penasaran dengan cara membuka dua akun Whatsapp di PC menggunakan Incognito Mode? simak penjelasan di bawah ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com