Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rilis Fitur Peringatan Serangan Udara di HP Android Warga Ukraina

Kompas.com - 11/03/2022, 10:15 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS) terus memberikan bantuannya kepada Ukraina, pasca negara tersebut diinvasi oleh Rusia.

Paling terbaru, Google resmi menggelontorkan fitur peringatan serangan udara (Air Raid Alerts) ke seluruh ponsel dengan sistem operasi (OS) Android yang ada di Ukraina.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan warga Ukraina untuk meningkatkan kewaspadaannya agar bisa segera menyelamatkan diri, apabila wilayah atau tempat tinggalnya menjadi target dari aneka serangan udara yang dilancarkan Rusia.

Baca juga: Segudang Bantuan Perusahaan Teknologi untuk Ukraina

"Berdasarkan permintaan dan bantuan pemerintah Ukraina, kami telah menggelontorkan fitur Air Raid Alerts System untuk seluruh ponsel Android di Ukraina," tulis Google dalam blog resminya terkait bantuan kepada Ukraina yang terus diperbarui.

Google melanjutkan, fitur ini bakal bekerja secara bersamaan dengan sistem pemantau serangan udara yang sudah dimiliki Ukraina.

Nantinya, peringatan yang bakal dimunculkan Google juga bakal mengacu pada informasi yang telah disampaikan oleh pemerintah Ukraina terkait adanya serangan udara.

Google tidak menyebutkan di sistem atau aplikasi mana fitur Air Raid Alerts ini bakal disisipkan.
 
Namun, fitur tersebut konon bakal diintegrasikan dengan aplikasi sistem ponsel Android yang bernama Google Play Services. Google Play Services adalah suatu aplikasi sistem yang berguna untuk menghubungkan berbagai aplikasi yang terpasang di ponsel Android dengan layanan Google.

Kabarnya, fitur Air Raid Alerts itu akan hadir dalam aplikasi Google Play Services versi 22.06.15, dan bisa dimanfaatkan pemilik ponsel Android di Ukraina dalam beberapa hari ke depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDADevelopers, Jumat (11/3/2022).

Sebelumnya, fitur Air Raids Alerts sendiri sudah hadir di sebuah aplikasi yang bernama "Ukrainian Alarm", yang bisa diunduh warga Ukraina lewat Google Play Store.

Baca juga: Sumbangan Kripto untuk Ukraina Tembus Rp 606 Miliar

Aplikasi tersebut dibuat oleh para pengembang aplikasi di Ukraina, dengan bantuan pemerintah Ukraina untuk menghadirkan fitur pengingat serangan udara. 

Google pun membantu aplikasi tersebut agar terlihat di halaman depan Google Play Store, supaya warga Ukraina memasangnya demi meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan udara yang berpotensi terjadi kapan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com