Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu ISP? Mengenal Fungsi, Jenis, serta Contohnya

Kompas.com - 12/03/2022, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian dari Anda yang aktif mengakses layanan internet, mungkin sudah tidak asing lagi dengan ISP. Pasalnya, untuk mengakses internet memang membutuhkan ISP.

Namun, tahukah apa itu ISP dan mengapa lekat dengan internet? Langsung saja, simak rangkuman KompasTekno mengenai ISP di bawah ini.

Apa itu ISP?

ISP singakatan dari Internet Service Provider atau Penyedia/Penyelenggara Layanan Internet. ISP juga kerap dikenal sebagai Internet Access Provider (IAP) atau secara singkat bisa disebut dengan provider.

Baca juga: 6 Macam Perangkat Keras untuk Mengakses Internet di Komputer

Dari nama ISP sendiri, secara kasar bisa dipahami bahwa mereka merupakan lembaga atau institusi yang beroperasi untuk menyediakan layanan internet. Setiap kali berhasil terhubung ke internet berarti ada jasa ISP di sana.

Dikutip dari laman ensiklopedia teknologi Techopedia, ISP adalah perusahaan yang menyediakan layanan koneksi internet ke pengguna individu maupun korporat atau bisnis. Tidak hanya itu, ISP juga menyediakan jasa pemeliharaan infrastruktur internet.

Untuk bisa menghubungkan perangkat (komputer, laptop, atau ponsel) ke internet diperlukan peralatan jaringan telekomunikasi dan rute khusus. Karena sebagian besar pengguna tidak memiliki akses ke peralatan semacam ini, sebab itu hadirlah ISP.

Biasanya, ISP adalah perusahaan telepon seluler atau perusahaan kabel yang menawarkan layanan internet berlangganan. Pengguna bisa “menyewa" akses jaringan internet dengan berlangganan ke ISP.

Untuk bisa mengakses ISP, pengguna memerlukan perangkat tambahan seperti modem atau router yang berfungsi untuk menghubungkan koneksi internet dair ISP ke gadget.

Biasanya perangkat tambahan seperti modem atau router tersebut bakal otomatis dipinjamkan oleh ISP, apabila pengguna telah melakukan registrasi untuk berlangganan akses layanan internet darinya.

Fungsi ISP

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui fungsi ISP adalah untuk menghubungkan gadget pengguna dengan koneksi internet lewat perangkat modem atau router.

Jadi tanpa adanya ISP, Anda tidak bisa mengakses layanan internet, seperti streaming, browsing, berkirim e-mail, dan sebagainya, kendati telah memiliki perangkat modem atau router.

ISP berfungsi untuk memverifikasi alamat IP (Internet Protocol) di modem agar bisa dialiri dengan koneksi internet, sehingga bisa menyebarkan koneksi tersebut ke perangkat lain seperti laptop atau ponsel.

ISP bisa dianalogikan seperti jalan raya, yang memiliki fungsi untuk menghubungkan berbagai layanan di internet dari satu titik akses poin ke titik lainnya, dengan perangkat telekomunikasi yang kompleks.

Perangkat telekomunikasi yang biasa dipakai ISP tersebut terdiri dari berbagai macam jenis, berdasar layanan koneksi internetnya, seperti Dial Up, DSL, dan sebagainya.

Selengkapnya, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai jenis ISP berdasarkan layanan koneksi internetnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com