Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siaran Digital KompasTV Bisa Disaksikan Kembali di Bandung, Surabaya, dan Medan

Kompas.com - 16/03/2022, 22:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siaran digital KompasTV kini bisa disaksikan kembali oleh warga Bandung, Surabaya, dan Medan mulai Rabu (16/3/2022).

Beragam program berita seperti "Kompas Petang", "Berkas Kompas", "Sapa Indonesia", serta "Kompas Sport" kini sudah dapat kembali disaksikan melalui siaran digital KompasTV di wilayah-wilayah tersebut.

"Tayangan KompasTV kini dapat dinikmati oleh pemirsa di ketiga kota tersebut melalui TV digital dengan kualitas yang berkualitas, bersih, dan jernih," tulis KompasTV dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: Kembali Pulih, Siaran Digital KompasTV Bisa Disaksikan Warga Jabodetabek Lagi

Pada awal Maret lalu, siaran digital KompasTV dilaporkan sempat mengalami kendala di wilayah Bandung, Surabaya, dan Medan.

Hal ini mengakibatkan pengguna siaran TV digital yang berada di wilayah tersebut tidak bisa menikmati tayangan yang disiarkan KompasTV selama beberapa waktu.

Kendala pada siaran digital KompasTV terjadi lantaran adanya masa perbaikan sistem di seluruh wilayah jangkauan siaran.

Selain itu, langkah persiapan KompasTV menuju peralihan TV analog ke TV digital juga menjadi faktor pendorong lain yang menyebabkan gangguan sementara di siaran digital KompasTV.

Untuk diketahui, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika sedang melangsungkan program migrasi TV analog ke TV digital atau analog switch off (ASO). Adapun ASO Tahap I akan berlangsung 30 April 2022 mendatang.

Baca juga: Menkominfo: Siaran TV Digital Tahap I Siap Mengudara

Hilangnya siaran digital KompasTV sempat membuat penonton di wilayah Bandung, Surabaya, dan Medan bertanya-tanya. Beberapa di antaranya menyampaikan keluhan ini di Twitter dengan menyebut (mention) akun resmi KompasTV dengan handle @kompasTV.

Salah satunya adalah pengguna Twitter dengan handle @.hartop_bewok yang mempertanyakan hilangnya siaran digital KompasTV dki wilayahnya.

"Admin.... KompasTV Digital di Bandung kenapa menghilang di Mux Chanel 45... atau pindah kemana," tulisnya.

Pertanyaan serupa turut dilontarkan oleh @.adryandesain. Ia mengeluhkan hilangnya KompasTV pada saluran TV digital di kawasan kota dengan julukan Paris Van Java itu.

"KompasTV Digital area Bandung, kok menghilang?," tulisnya.

Sedangkan pengguna akun Twitter @.karwanto mempertanyakan mengapa KompasTV tiba-tiba menghilang dari siaran digital di area Surabaya bagian Barat.

"@KompasTV kok menghilang dari saluran digital di wilayah surabaya barat??????," tulisnya.

Baca juga: Cara Cek Kelurahan yang Dapat STB TV Digital Gratis

Keluhan serupa juga disampaikan salah satu pembaca Kompas.com di artikel "Kembali Pulih, Siaran Digital KompasTV Bisa Disaksikan Warga Jabodetabek Lagi".

Salah satu pembaca menanyakan kapan siaran digital KompasTV akan hadir lagi di Medan, lantaran siaran digital KompasTV di sana, sudah hilang selama sepekan.

Saat ini siaran digital KompasTV untuk area Bandung, Surabaya, dan Medan dapat disaksikan dengan cara menggunakan antena UHF, yakni antena luar ruangan dan dalam ruangan.

Penonton juga dapat mengakses siaran TV digital KompasTV dengan menggunakan set top box (STB) DBVT2, sehingga tidak perlu menggunakan parabola dan tidak memerlukan biaya untuk berlangganan internet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com