Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu iPhone "Refurbished" yang Biasa Dijual Lebih Murah? Amankah Digunakan?

Kompas.com - 19/03/2022, 15:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber apple.com

KOMPAS.com - Penggemar produk Apple atau Apple Fanboy mungkin tak asing lagi dengan istilah iPhone orisinal, iPhone refurbished, iPhone rekondisi, serta iPhone palsu. Istilah tersebut memang kerap digunakan untuk menggambarkan versi iPhone berdasarkan kondisi perangkatnya.

Diantara empat versi tersebut, yang paling mudah dipahami mungkin adalah iPhone orisinal dan iPhone palsu. iPhone versi orisinal adalah perangkat yang asli diproduksi oleh Apple, termasuk komponen dan sistem operasinya.

Sementara iPhone versi palsu atau kerap juga disebut sebagai iPhone KW atau iPhone HDC, merupakan perangkat ponsel yang diproduksi bukan oleh Apple, sehingga komponen dan sistem operasinya tidak sesuai dengan yang asli atau abal-abal.

Baca juga: Apple Mulai Jual iPhone XR Rekondisi, Ini Harganya

Sementara itu, untuk memahami dua versi lainnya, yakni iPhone refurbished dan iPhone rekondisi tidak semudah memahami dua versi sebelumnya.

Kebanyakan orang mungkin menganggap iPhone refurbished dan iPhone rekondisi adalah barang dengan kondisi yang buruk, seperti halnya iPhone palsu.

Anggapan itu membuat seakan kedua versi iPhone tersebut punya kondisi yang sama,
Padahal, anggapan tersebut tampaknya salah. Apple sendiri secara resmi bahkan menjual iPhone versi refurbished.

Biasanya, Apple merilis iPhone refurbished untuk model yang dirilis kurang lebih dua tahun ke belakang atau setelah model terbaru dirilis beberapa bulan.

Baca juga: Mau Beli iPhone SE 2022? Pertimbangkan Dulu 3 Hal Ini

Seperti baru-baru ini, di mana Apple mulai menjual iPhone 12 dan iPhone 12 Pro versi refurbished di web resmi mereka. Bahkan, harga iPhone refurbished itu jauh lebih murah dari yang versi orisinal baru atau non-refurbished.

Untuk iPhone 12 dan iPhone 12 Pro versi refurbished sendiri, harganya lebih murah 110-180 dollar AS (sekitar Rp 1,5 - 2,5 juta) dari harga penjualan resmi yang ditetapkan Apple untuk versi baru.

Misalnya, iPhone 12 dengan kapasitas memori internal 64 GB versi refurbished Phone 12 64 GB, misalnya, kini dijual dengan harga 619 dollar AS (sekitar Rp 8,8 juta), lebih murah dari harga sebelumnya yang mencapai 729 dollar AS (sekitar Rp 10,4 juta).

Baca juga: Harga iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, dan iPhone 12 Terbaru Maret 2022

Karena dirilis resmi oleh Apple sendiri, iPhone refurbished tentu berbeda dengan iPhone palsu. Lantas, apa itu iPhone refurbished?

Apa itu iPhone refurbished?

Sederhananya, iPhone refurbished adalah iPhone bekas yang diperbarui lagi, dengan melewati proses peremajaan dan inspeksi langsung oleh Apple.

Proses peremajaan dan inspeksi itu meliputi penggantian suku cadang asli di ponsel bekas tersebut (apabila diperlukan) serta pengujian ulang semua fungsinya untuk memenuhi standar pabrikan, sehingga menjadikan performa iPhone refurbished seolah seperti baru lagi.

Baca juga: Ini Bedanya Ponsel Rekondisi, Refurbished, dan Black Market

Dilansir dari laman resmi Apple, iPhone refurbished secara pasti juga bakal mendapatkan komponen baru orisinal, seperti pada baterai dan bodi ponselnya, sebelum dijual ke publik dengan harga yang lebih murah dibanding harga peluncurannya.

Dengan kondisi seperti itu, lantas apakah iPhone refurbished itu asli? atau apakah aman iPhone refurbished untuk dipakai? Jawabannya adalah iPhone refurbished asli dan aman.

Halaman:
Sumber apple.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com