Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Gelar "Showcase" 5G di Mandalika, Pamer Kecepatan Internet 5 Gbps hingga "Cloud Gaming"

Kompas.com - 20/03/2022, 10:01 WIB
Yudha Pratomo,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

LOMBOK, KOMPAS.com - Setelah 25 tahun, ajang balap MotoGP akhirnya kembali digelar di Indonesia. Balapan motor bergengsi ini digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18-20 Maret.

Di sirkuit Mandalika, bukan hanya para pebalap yang unjuk gigi. Operator seluler di Indonesia juga turut ambil bagian. Mereka pamer kecepatan jaringan 5G, yang merupakan teknologi baru saat ini.

Salah satunya adalah Telkomsel. Tidak hanya memamerkan kecepatan 5G, Telkomsel juga menampilkan berbagai pemanfaatan 5G di booth (stan) "Telkomsel 5G Experience".

Baca juga: Telkomsel Tambah Frekuensi 5G untuk Dukung Gelaran MotoGP Mandalika, Begini Hasil Uji Cobanya

Pantauan KompasTekno, Sabtu (19/3/2022), ada sejumlah use case (skenario) yang ditampilkan di booth tersebut. Seperti penggunaan 5G untuk Virtual Reality (VR), cloud gaming, drone (pesawat tanpa awak), hingga uji kecepatan 5G di frekuensi 26 Ghz (mmWave).

Uji kecepatan di frekuensi 26 GHz ini bisa dibilang istimewa. Sebab, 5G yang digelar di frekuensi ini dapat menghadirkan kecepatan yang lebih tinggi.

Menurut Ronald Limoa, GM Network Architecture and Strategic Planning Telkomsel, dalam pengujian ini Kementerian Kominfo mengizinkan Telkomsel untuk menggunakan frekuensi 26 GHz dengan lebar pita 800 MHz.

"Ini khusus untuk di Mandalika," kata Ronald.

Baca juga: Diuji, 5G Telkomsel Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Dalam pengujian yang dilakukan, kecepatan 5G di frekuensi 26 GHz bisa mencapai 5 Gbps untuk kecepatan download, 5,156 Mbps (5,1 GHz) dan kecepatan upload 344,4 Mbps serta latency 7 ms.

Hasil uji coba speedtest 5G di frekuensi 26 Ghz di booth Telkomsel yang berada di area Pertamina Grand Prix of Indonesia.Kompas.com/Yudha Pratomo Hasil uji coba speedtest 5G di frekuensi 26 Ghz di booth Telkomsel yang berada di area Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Telkomsel juga membawa sejumlah use case lain di booth tersebut. Mulai dari robot 5G, drone, hingga cloud gaming.

Ronald mengatakan, robot 5G yang dipamerkan tersebut memanfaatkan Artificial Intelligence/kecerdasan buatan (AI) untuk dapat bergerak dan berinteraksi. Robot ini nantinya dapat digunakan sebagai penyambut tamu, atau penghangat suasana.

Baca juga: Begini Cara 5G Telkomsel Tembus Kecepatan 5 Gbps di Sirkuit Mandalika

Robot 5G Telkomsel untuk menyambut tamu.Kompas.com/Yudha Pratomo Robot 5G Telkomsel untuk menyambut tamu.

Selain robot, ada juga use case dengan memanfaatkan Augmented Reality (AR).

"Dengan teknologi ini, kita bisa membangun, misalnya, blok mesin dengan AR," kata Ronald.

Baca juga: Telkomsel Buka Booth Konsumen di MotoGP Mandalika, Bisa Unlock 5G

Telkomsel juga memamerkan drone. Drone tersebut bisa dimanfaatkan seperti untuk menabur bubuk pestisida, atau untuk di pertambangan.

"Biasanya juga digunakan di pertambangan. Terutama di batu bara, biasanya meledakkan gunung. Nah, sebelumnya buat keamanan biasanya ada pengecekan. Dengan drone pengecekan bisa lebih cepat apalagi menggunakan 5G," ungkap Ronald.

Mengu coba drone dengan teknologi 5G di booth Telkomsel di area Pertamina Grand Prix of Indonesia.
Kompas.com/Yudha Pratomo Mengu coba drone dengan teknologi 5G di booth Telkomsel di area Pertamina Grand Prix of Indonesia.

Jaringan 5G Telkomsel di booth ini juga digunakan untuk VR dan cloud gaming. Dengan cloud gaming, gamers tidak perlu menggunakan konsol lagi. Sebab game sudah disimpan di cloud dan cukup menggunakan smartphone.

Mencoba pengalaman cloud gaming di booth TelkomselKompas.com/Yudha Pratomo Mencoba pengalaman cloud gaming di booth Telkomsel

"Konsolnya tidak perlu canggih, karena gamenya di cloud. Tapi, internetnya harus cepat," pungkas Ronald.

Baca juga: Penonton MotoGP Mandalika Bisa Jajal Internet 5G Telkomsel, Ini Syaratnya

KompasTekno melakukan uji coba kecepatan internet (speedtest) 5G secara langsung di arena MotoGP 2022 di Mandalika. Untuk melihat bagaimana pengujian dilakukan dan hasilnya, bisa dipantau di Instagram @teknokompas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Tekno (@teknokompas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com