Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Tidak Akan Lagi Jualan Film dan Serial TV di Play Store, Ini Gantinya

Kompas.com - 25/03/2022, 11:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Google berencana menghapus fitur katalog film dan serial TV dari toko aplikasinya, Play Store. Dengan kata lain, Google akan berhenti menjual film dan serial TV dari toko aplikasi Android tersebut.

Rencana itu terungkap dari unggahan yang dibagikan di halaman Google Play Help. Unggahan itu menyebutkan bahwa Google akan menutup tab Movies yang memuat katalog film serta serial TV.

Rencana ini kabarnya akan dijalankan pada Mei 2022. Artinya, Google akan menyetop penjualan film di Play Store pada tenggat waktu tersebut. Setelah rencana itu dijalankan, Play Store hanya akan menjual aplikasi termasuk game dan buku.

Baca juga: Google Singkirkan Semua Patung Android dari Kantor Pusatnya

Google belum mengumumkan resmi rencana penghapusan film dari Play Store. Namun, ada indikasi lain yang menguatkan karena Google sudah menyetop penjualan film dari aplikasi Play Store versi smart TV, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Ars Technica, Jumat (25/3/2022).

Pindah ke Google TV

Bukan dihapus sepenuhnya, katalog film dari Play Store akan dialihkan Google ke aplikasi Google TV. Aplikasi ini akan menjadi wadah baru dari Google untuk menjual konten film dan serial TV bagi pengguna smartphone dan tablet.

"Mulai Mei 2022, aplikasi Google TV akan menjadi rumah untuk membeli, menyewa serta menonton film dan acara TV dari perangkat mobile maupun tablet. Film dan acara TV tidak akan lagi didukung aplikasi Google Play. (Namun) Google Play akan terus menjadi toko untuk aplikasi, game, dan buku," demikian kutipan posting yang diunggah di halaman Google Play Help.

Pengumuman itu juga menyebutkan bahwa Google TV menawarkan pengalaman yang sama dengan Play Store dalam menjual film dan acara TV. Artinya, pengguna akan mendapatkan penawaran daftar film baru, dan rekomendasi film maupun acara TV.

Baca juga: Google Rombak Tampilan Play Store untuk Tablet dan Ponsel Lipat

Tampilan Google TV juga tak ubahnya Play Store, yang dilengkapi dengan empat tab utama, yaitu Home, Shop, Library, dan Watchlist.

Perpindahan katalog film dan acara TV ke Google TV tidak akan mengubah benefit yang selama ini didapatkan pengguna dari Play Store.

Misalnya, pengguna tetap bisa mendapat Play Point, berbagi dengan keluarga hingga menggunakan kredit Google Play.

Pengumuman itu juga menyebutkan, pengguna dapat mengakses wishlist (daftar film yang akan ditonton) yang ada di Play Store lewat Google TV. Daftar wishlist-nya dapat diunduh melalui tautan ini dengan login akun Gmail terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com