Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Netflix Beli Studio Game Pembuat "Age of Empires Mobile"

Kompas.com - 25/03/2022, 18:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Netflix

KOMPAS.com - Platform video-on-demand Netflix semakin serius menggarap layanan game mobile eksklusifnya bernama "Netlix Games".

Kini, Netflix mengumumkan telah mengakuisisi studio game yang berbasis di Texas, Amerika Serikat, yaitu Boss Fight Entertainment, studio game pengembang Age of Empires mobile, Star Wars: The Old Republic, dan franchise Halo Wars.

Hal ini diumumkan oleh VP Game Studios Netflix, Amir Rahimi dalam sebuah posting di situs resmi Netflix.

Netflix sendiri tidak mengungkap besaran nilai akuisisi Boss Fight Entertainment. Rahimi hanya mengatakan bahwa akuisisi ini diharapkan akan dapat mempercepat Netflix dalam menyediakan game mobile gratis untuk pelanggannya di seluruh dunia.

Baca juga: Layanan Netflix Games Sudah Bisa Dicoba di Indonesia, Begini Caranya

Dalam posting yang sama, pendiri studio game Boss Fight Entertainment mengaku senang bisa bergabung dengan Netflix. Belum diketahui judul dan genre game apa yang akan dirilis Boss Fight Entertainment di layanan Netflix Games.

Namun, pendiri Boss Fight Entertainment hanya menyebutkan, pihaknya akan fokus menghadirkan game mobile dengan pengalaman bermain sederhana dan menyenangkan ketika dimainkan pelanggan Netflix.

“Komitmen Netflix untuk menawarkan game bebas iklan sebagai bagian dari langganan memungkinkan pengembang game seperti kami untuk fokus menciptakan permainan yang menyenangkan tanpa khawatir tentang monetisasi," kata pendiri Boss Fight Entertainment.

Boss Fight Entertainment sendiri adalah studio game ketiga yang dibeli Netflix untuk menyediakan layanan Netflix Games di dalam aplikasi Netflix.

Boss Fight Entertainment pertama kali didirikan pada tahun 2013 oleh David Rippy, Bill Jackson, dan Scott Winsett.

Baca juga: Game BioShock Diadaptasi Jadi Film Netflix

Boss Fight Entertainment juga mengembangkan judul game lain seperti CastleVille, Dungeon Boss, myVEGAS Bingo, dan Kingdom Boss yang dapat dimainkan secara gratis.

Sebelum Boss Fight Entertainment, Netflix juga sudah mengakuisisi studio game Next Games dan Night School Studio demi layanan Netflix Games.

16 game yang ada di Netflix Games

Layanan Netflix Games resmi di Indonesia.KOMPAS.com/Kevin RIzky Pratama Layanan Netflix Games resmi di Indonesia.
Netflix sendiri pertama kali merilis layanan game mobile eksklusifnya "Netflix Games" secara global pada awal November 2021. layanan Netflix Games ini hadir secara gratis.

Dengan kata lain, pengguna yang berlangganan Netflix juga dapat menikmati layanan game ini tanpa dipungut biaya tambahan. Mereka bisa menikmati konten game bersama dengan deretan judul film dan serial TV yang tersedia.

Layanan game Netflix ini juga tidak akan disertai iklan atau sistem transaksi dalam game (in-app purchase game).

Baca juga: EA Akuisisi Studio Game Mobile Milik Warner Bros

Saat pertama kali diluncurkan, ada lima judul game yang hanya bisa dimainkan dimainkan oleh pelanggan berbayar Netflix yang menggunakan ponsel atau tablet berbasis sistem operasi Android.

Adapun 5 judul game tersebut meliputi Stranger Things: 1984, Stranger Things 3, Basketball Shooting Hoops, Card Blast, dan Billiards Teeter Up.

Sekarang, Netflix Games juga sudah bisa dinikmati oleh palanggan Netflix yang menggunakan iPhone dan iPad.

Pantauan KompasTekno di aplikasi Netflix, Jumat (25/3/2022), judul game yang bisa dimainkan oleh pelanggan Netflix juga semakin banya, hingga kini ada 16 judul. Berikut daftar lengkapnya:

  • Stranger Things: 1984
  • Stranger Things 3
  • Basketball Shooting Hoops
  • Card Blast
  • Billiards Teeter Up.
  • Bowling Ballers
  • Asphalt Xtreme
  • Wonderputt Forever
  • Dominoes Café
  • Knittens
  • Krispee Street
  • Arcanium: Rise of Akhan
  • Hextech Mayhem Netflix Edition
  • Dungeon Dwarves
  • This is a True Story
  • Shatter Remastered
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Netflix
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com