Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara “Copy” Tabel dari Website ke Google Spreadsheet dengan Cepat

Kompas.com - 28/03/2022, 13:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Google Spreadsheet atau biasa disebut dengan Spreadsheet punya cukup banyak fitur yang memudahkan pengguna dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan berkaitan dengan data angka.

Salah satu fitur dari platform pengolah data angka milik Google itu yang mungkin cukup menarik, yaitu pengguna bisa impor data dari website ke Spreadsheet secara langsung, tanpa harus menyalin dan menempelnya satu per satu.

Baca juga: 30 Shortcut Microsoft Excel serta Fungsinya yang Sering Dipakai di Mac

Beberapa website kadangkala menyajikan informasi atau data dalam bentuk tabel. Mungkin cukup memakan waktu bila harus menyalin data yang ada di tabel tersebut ke lembar kerja Spreadsheet, secara manual.

Dengan fitur impor data dari website ke Spreadsheet, Anda bisa langsung menyalin (copy) tabel serta datanya yang ditampilkan di website secara sekaligus, kemudian menempelkannya di lembar kerja Spreadsheet.

Sehingga, Anda tidak perlu membuat tabel di Spreadsheet dulu, kemudian menyalin dan memasukkan data pada tabel yang berasal dari website. Fitur ini mungkin cukup membantu bagi Anda yang sering terlibat dalam pekerjaan mengolah data tabel.

Cara copy tabel dari website ke Spreadsheet ini cukup mudah, hanya membutuhkan rumus atau formula tertentu dan tabel dari website yang ingin disalin. Untuk lebih lengkapnya, simak cara copy tabel dari website ke Spreadsheet di bawah ini.

Cara copy tabel dari website ke Spreadsheet

  1. Buka website dengan terdapat tabel yang hendak disalin ke Spreadsheet
  2. Salin URL atau alamat website tersebut
  3. Buka lembar kerja Spreadsheet Anda
  4. Masukkan rumus di salah satu sel Spreadsheet dengan format sebagai berikut:

    =IMPORTHTML("alamat web"; (spasi) "table"; (spasi) 1)

  5. Angka satu di atas merupakan urutan tabel dari website. Apabila terdapat lebih dari satu tabel pada website, masukkan angka sesuai urutannya.
  6. Salin alamat website tadi ke bagian rumus tersebut, lalu klik Enter
  7. Tunggu beberapa saat hingga Spreadsheet menampilkan salinan dari data dari website tersebut

Misalnya, KompasTekno dalam kesempatan ini mencoba menyalin tabel data perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia yang disajikan oleh Antara News, untuk dipindah ke Spreadsheet, seperti yang tertera pada gambar di bawah.

Ilustrasi cara copy tabel dari website ke SpreadsheetAntara News Ilustrasi cara copy tabel dari website ke Spreadsheet

Baca juga: 40 Daftar Shortcut Microsoft Excel di PC Windows

Setelah menyalin URL dari website Antara News yang berisi data tersebut, lalu mulai membuka Spreadsheet dan membuat rumus pada sel. Ada pun format rumus setelah dimasukkan URL tersebut bakal tampil seperti ini:

=IMPORTHTML("https://www.antaranews.com/covid-19"; "table"; 1)

Ilustrasi cara copy tabel dari website ke SpreadsheetKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara copy tabel dari website ke Spreadsheet

Setelah memasukkan rumus dengan benar dan klik Enter maka bakal muncul data dari website tersebut di lembar kerja Spreadsheet, sebagaimana tertera pada gambar di bawah ini.

Ilustrasi cara copy tabel dari website ke SpreadsheetKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara copy tabel dari website ke Spreadsheet

Baca juga: Cara Membuat Diagram Batang di Microsoft Excel

Data bakal muncul secara otomatis dengan susunan persis seperti yang tertera di website. Bagaimana, cukup mudah bukan? Demikian cara copy tabel dari website ke Spreadsheet, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com