Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kreator Game "Coffee Talk" Mohammad Fahmi Meninggal Dunia pada Usia 32 Tahun

Kompas.com - 29/03/2022, 08:32 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabar duka bagi industri game Indonesia, pembuat game simulasi populer Coffee Talk, Mohammad Fahmi meninggal dunia di usia 32 tahun. Fahmi juga merupakan salah satu pengembang game dari Toge Productions.

Kabar kepergian Fahmi disampaikan pihak keluarga melalui media sosial Twitter menggunakan akun Twitter Fahmi sendiri dengan handle @fahmitsu.

Pihak keluarga meminta teman-teman dan kerabat Fahmi untuk mendoakan kepergian Fahmi dan memaafkan kesalahannya.

Dalam postingan Twitter lainnya, ibunda Fahmi, Kunthie Vera mengatakan bahwa Fahmi telah dimakamkan Senin (28/3/2022) kemarin.

Baca juga: Agate dan Toge Productions Tawarkan Pendanaan untuk Pengembang Game Indonesia

Meski telah dimakamkan, pantauan KompasTekno, Selasa (29/3/2022), doa dan ucapan bela sungkawa kepada Fahmi terus mengalir deras di Twitter hingga berita ini ditayangkan, terutama lewat kolom balasan twit postingan @fahmitsu di atas.

Selain mendoakan, beberapa pengguna juga mengatakan bahwa mereka tidak menyangka bahwa Fahmi telah meninggal dan pergi secepat itu.

Tak sedikit juga yang menyebut bahwa Fahmi merupakan orang hebat, pengembang game andal, sekaligus teman yang baik.

Beberapa sosok penting di industri game Asia Tenggara, salah satunya Head of PlayStation Studios Malaysia, Hasnul Hadi juga turut memberikan doanya kepada Fahmi.

Menurut Hadi, Fahmi adalah pengembang game dari Indonesia yang baik dan menginspirasi dia untuk berkembang.

"Kami akan merasakan kehilangan dalam beberapa tahun ke depan. Visi Fahmi mewakili sebagian dari visi kami di industri game. Tanpa Fahmi, industri game Asia Tenggara pasti akan sangat sepi," tutur Hadi.

Pembuat game Coffee Talk

Ilustrasi Coffee Talk memenangkan penghargaan Grand Jury Award di SEA Game Awards 2021.eGG Network Ilustrasi Coffee Talk memenangkan penghargaan Grand Jury Award di SEA Game Awards 2021.

Fahmi dikenal sebagai sosok yang berpengaruh di pengembangan game simulasi populer Coffee Talk, yang bisa dimainkan di seluruh dunia melalui PS4, Xbox One, PC (via Steam), dan Nintendo Switch sejak 30 Januari 2020 lalu. 

Sebelum namanya dikenal lewat game tersebut, pria kelahiran 29 Januari 1990 ini memulai karirnya di penerbit dan pengembang game mobile kenamaan, Gameloft sebagai programmer dan designer.

Baca juga: Pengembang Game Masih Dipandang Sebelah Mata di Indonesia

Setelah itu, ia melanjutkan karirnya sebagai penulis dan diangkat sebagai pemimpin redaksi di kanal game di media online Tech in Asia, sebelum akhirnya bergabung bersama Toge Productions.

Di perusahaan yang berbasis di Tangerang tersebut, Fahmi bekerja sebagai Marketing dan Public Relations Manager Toge Productions. Ketika ia menjabat posisi itu, ide untuk membuat game Coffee Talk muncul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com