Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain dan Spesifikasi iPhone 14 Disebut Masuk Tahap Akhir, Ini Bocorannya

Kompas.com - 30/03/2022, 17:00 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Rumor tentang iPhone 14 sudah banyak beredar di internet, termasuk soal desain dan spesifikasinya.

Kabar terbaru, desain dan spesifikasi iPhone disebut sudah masuk tahap Engineering Validation and Testing (EVT).

Bocoran tersebut muncul dari analis Haitong International Securities, Jeff Pu. Tahap ini berguna untuk mengetahui apakah setiap fitur dapat diterapkan sesuai rencana, mengidentifikasi risiko, serta mencari cara mengatasi risiko tersebut.

Pada tahap EVT ini biasanya dilakukan pengujian untuk memastikan bahwa desain dan spesifikasi yang dibuat telah memenuhi persyaratan.

Hal ini menindikasikan bahwa spesifikasi dan desain akhir iPhone 14 sudah dipastikan oleh Apple.

Baca juga: Indikasi iPhone SE 2022 Tidak Laku di Pasaran

Menurut Jeff Pu, iPhone 14 akan hadir dengan layar yang lebih besar dibanding iPhone 13. Selain itu, resolusi kameranya juga akan lebih besar. Salah satunya adalah iPhone 14 Pro yang disebut akan memiliki kamera 48 MP.

"Dari sisi produk, iPhone 14 memiliki model yang kuat didukung dengan layar yang lebih besar dan peningkatan kamera (48 MP untuk Pro). Di sisi lain, harga iPhone 14 kemungkinan mendekati iPhone 13," kata Jeff Pu.

Ia juga mengatakan bahwa produksi iPhone 14 tidak terdampak adanya kebijakan lockdown di kawasan Shenzhen, tempat pabrik Foxconn beroperasi.

Dengan kata lain, produksi iPhone 14 masih sesuai jalur produksi yang direncanakan. Sebab, pabrik itu bukan pabrik utama yang digunakan untuk memproduksi chip iPhone.

Bocoran lainnya yang diungkap Jeff Pu adalah bahwa iPhone 14 series akan menggunakan chip A16. Chip itu kabarnya akan didesain lebih ramping.

Belum ada bocoran lainnya dari Jeff Pu tentang iPhone 14 series. Namun, belum lama ini analis dan pembocor ulung berbagai produk Apple, Ming-chi Kuo mengeklaim bahwa iPhone untuk tahun ini akan melanjutkan penomoran generasi sebelumnya, yaitu bakal bernama iPhone 14.

Baca juga: 2 Cara Buka Layar iPhone lewat Face ID Tanpa Lepas Masker

Dalam sebuah twit melalui handle @mingchikuo, Kuo menyebut ada empat model iPhone 14 yang bakal diperkenalkan Apple di paruh kedua 2022 mendatang.

Keempat model tersebut mencakup iPhone 14 "reguler" dengan layar 6,1 inci, iPhone 14 Max dengan layar 6,7 inci, iPhone 14 Pro dengan layar 6,1 inci, dan iPhone 14 Pro Max dengan layar 6,7 inci.

Kuo juga mengatakan bahwa iPhone 14 dan iPhone 14 Max, dua model yang tidak memiliki embel-embel "Pro", tidak akan ditenagai dengan chipset Apple yang diperkenalkan di jajaran iPhone 13 Series, yaitu A15 Bionic.

Sementara itu, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max akan memiliki "otak" Apple termutakhir yang diduga bernama A16 Bionic. Dengan kata lain, bocoran ini sama dengan rumor dari Jeff Pu.

Bocoran kamera iPhone 15

Dirangkum KompasTekno dari 9to5mac, Rabu (30/2/2022), selain iPhone 14, Jeff Pu juga membagikan rumor tentang iPhone 15 yang akan meluncur pada 2023.

Menurutnya, masih ada kemungkinan Apple meluncurkan iPhone 15 Pro/Pro Max dengan kamera periskop dan zoom optik 5 kali.

Selain itu, Pu juga menyebut bahwa Apple akan mengadopsi layar OLED 11 dan 12,9 inci untuk iPad yang diluncurkan pada tahun 2024. Laporan sebelumnya dari The Elec juga menyatakan hal yang sama dengan Pu.

Meski demikian, berbagai rumor ini belum dapat dipastikan hingga Apple benar-benar meluncurkan perangkat barunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com