Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Link Daftar KIP Kuliah untuk PTN dan PTS agar Bisa Berkuliah Gratis

Kompas.com - 30/03/2022, 17:45 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), menelurkan program bantuan pendidikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022.

KIP Kuliah Merdeka 2022 bisa dimanfaatkan pelajar SMA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, baik negeri (PTN) maupun swasta (PTS).  Selain itu, KIP Kuliah Merdeka 2022 juga bisa digunakan calon mahasiswa PTN dan PTS melalui berbagai jalur seleksi Perguruan Tinggi.

Mulai dari Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), seleksi Mandiri PTN, hingga seleksi Mandiri PTS.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah untuk UTBK – SBMPTN Secara Online, Berikut Syarat dan Jadwalnya

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek Abdul Kahar mengatakan, KIP Kulia Merdeka 2022 bisa digunakan untuk mendaftar UTBK SBMPTN hingga pembebasan biaya kuliah.

"Calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka yang akan mendaftar dibebaskan dari biaya pendaftaran UTBK SBMPTN, dan dibebaskan dari biaya kuliah semester hingga lulus. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup setiap bulannya," kata Kahar dalam siaran pers di laman resmi kemendikbud Ristek.

Saat ini pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2022 telah dibuka untuk calon mahasiswa PTN melalui jalur SNMPTN dan UTBK SBMPTN. Adapun untuk seleksi mandiri PTN dan PTS akan dibuka mulai Juni hingga Oktober.

Baca juga: Besaran Dana, Syarat, dan Cara Daftar KIP Kuliah 2022

Maka dari itu, untuk peserta yang memenuhi syarat mendaftar KIP Kuliah, baik untuk PTN dan PTS, dapat mendaftar akun KIP di laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Sebelum mendaftar peserta diharapkan memperhatikan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Berikut ini syarat daftar KIP Kuliah 2022 untuk PTN dan PTS dilansir dari pedoman resmi KIP Kuliah.

Syarat daftar KIP Kuliah untuk PTN dan PTS 

  • Penerima KIP Kuliah adalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang lulus pada tahun 2022 maupun dua tahun sebelumnya
  • Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk Perguruan Tinggi Akademik dan Perguruan Tinggi Vokasi dan diterima di PTN atau PTS pada Program Studi yang telah terakreditasi secara resmi dan tercatat pada sistem akreditasi nasional perguruan tinggi
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi atau berasal dari keluarga miskin/rentan miskin dan/atau dengan pertimbangan khusus yang didukung bukti dokumen yang sah.

Baca juga: Cara Cek Penerima Bantuan KIP SD/SMP/SMA/SMK

Adapun syarat keterbatas ekonomi calon penerima KIP Kuliah dibuktikan dengan:

  • Memiliki kepemilikan program bantuan pendidikan nasional dalam bentuk KIP sebelumnya
  • Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  • Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan
  • Mahasiswa dari keluarga yang masuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  • Keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari lima kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan.

Adapun persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan dapat dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali paling banyak Rp 4.000.000 setiap bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp750.000. 

Baca juga: Cara Mengetahui Kampus Penerima KIP Kuliah 2022

Cara daftar KIP Kuliah untuk PTN dan PTS

  • Kunjungi laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ 
  • Klik “Daftar Baru”
  • Isi data NIK, NISN, NPSN, dan alamat e-mail yang aktif
  • Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah
  • Jika proses validasi berhasil, siswa akan menerima Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat e-mail yang didaftarkan. Maka dari itu peserta diharapkan menggunakan e-mail yang aktif agar dapat menerima kode akses
  • Selanjutnya login ke https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah
  • Selanjutnya pilih proses seleksi yang diikuti SNMPTN, UTBK SBMPTN, atau seleksi Mandiri PTN/PTS
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal SIM KIP Kuliah hingga selesai.

Bagi peserta yang dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan ke Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Baca juga: Diperpanjang hingga 12 April, Ini Cara Simpan Permanen Akun LTMPT Buat Daftar UTBK-SBMPTN 2022

Untuk pendaftaran KIP Kuliah jalur seleksi mandiri PTN, peserta harus memantau pada laman resmi perguruan tinggi masing - masing. Hal tersebut karena tidak semua perguruan tinggi di Indonesia menerima KIP Kuliah jalur seleksi mandiri.

Sedangkan untuk pendaftaran KIP Kuliah jalur seleksi mandiri PTS, peserta harus mengetahui daftar PTS yang telah bekerja sama dengan program KIP Kuliah Merdeka 2022. Daftar PTS dapat dilihat melalui laman resmi KIP di tautan berikut ini.

Tentang Kartu Indonesia Pintar

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Merdeka 2022 merupakan salah satu Program Indonesia Pintar (PIP) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com