Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Proses 7 Miliar Pesan Suara Per Hari

Kompas.com - 31/03/2022, 09:02 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp mengumumkan pencapaian (milestone) baru. Mereka mengeklaim jumlah pesan suara (voice message/voice note) yang beredar di platformnya rata-rata setiap hari mencapai 7 miliar.

Milestone ini dicapai WhatsApp setelah sekitar 9 tahun fitur voice message diluncurkan pertama kali pada 2013 lalu, setahun sebelum aplikasi tersebut diakuisisi oleh Facebook.

Menurut WhatsApp, penggunaan voice message saat ini kian populer karena memungkinkan pengguna mengirimkan pesan yang lebih ekspresif dibandingkan mengirimkan pesan dengan format konvensional atau teks, yang dibubuhi emoji

WhatsApp pun menghadirkan beragam peningkatan fitur yang fokus di layanan voice message, salah satunya adalah kemampuan untuk menjeda perekaman suara sebelum pengguna mengirimnya.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Tampilan Baru untuk Perekaman Pesan Suara

Ilustrasi fitur-fitur baru WhatsApp yang fokus di fitur pesan suara atau voice message.WhatsApp Ilustrasi fitur-fitur baru WhatsApp yang fokus di fitur pesan suara atau voice message.

Lalu, pengguna juga nantinya bisa mempercepat pemutaran pesan suara dengan kecepatan 1,5 atau 2 kali lebih cepat, sembari melihat visualisasi berbentuk waveform (gelombang) untuk mengetahui seberapa tinggi nada yang dihasilkan dari pesan suara tersebut.

Ada pula fitur yang memungkinkan pengguna memainkan pesan suara sambil membuka aplikasi lain, fitur untuk meninjau isi pesan suara sebelum mengirimkannya, serta fitur untuk melanjutkan progres dari pesan suara yang didengar apabila belum selesai dimainkan.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari WABetaInfo, Kamis (31/3/2022), sejumlah fitur voice message ini, seperti fitur percepatan pesan suara hingga dua kali lipat, sebenarnya sudah tersedia dan bisa dijajal oleh pengguna WhatsApp Beta.

Baca juga: Pesan Suara WhatsApp Bisa Didengar Sebelum Dikirim, Begini Caranya

Namun, beberapa di antaranya, seperti fitur untuk meninjau pesan suara sebelum mengirimkannya, merupakan fitur yang sepenuhnya baru, bahkan bagi pengguna WhatsApp Beta sekalipun.

Menurut WhatsApp, fitur-fitur voice message terbaru ini bakal menyambangi pengguna WhatsApp versi umum dalam beberapa minggu ke depan. Informasi selengkapnya mengenai fitur-fitur baru voice message WhatsApp  bisa disimak dalam tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com