Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Aplikasi Android dan iOS Penunjang Ibadah Puasa Ramadhan

Kompas.com - 31/03/2022, 11:31 WIB
Soffya Ranti,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal Ramadhan 2022 tinggal menghitung hari. Diperkirakan, awal bulan puasa 2022 akan jatuh pada 2 atau 3 April 2022.

Umat muslim di Indonesia akan menunaikan ibadah puasa, tarawih, dan berbagai aktivitas Ramadhan lain. Untuk menunjang ibadah tersebut, kini banyak tersedia aplikasi untuk mendukung ibadah Ramadhan.

Aplikasi - aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis di Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Apa saja aplikasi - aplikasi tersebut? Berikut ini KompasTekno rangkum aplikasi-aplikasi Android dan iOS penunjang ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Baca juga: 1 Ramadhan Jatuh Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan Puasa

Muslim Pro - Ramadhan 2022

Ilustrasi aplikasi Muslim ProKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi aplikasi Muslim Pro

Muslim Pro salah satu aplikasi penunjang ibadah puasa yang cukup lengkap. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur seperti jadwal imsak/imsakiyah, jadwal buka puasa, audio azan, Alqur’an, tajwid dan tasbih, hingga menunjukkan lokasi restoran halal sekitar Anda.

Muslim Pro dapat diunduh secara gratis d ponsel Android maupun iPhone. Aplikasi ini memiliki rating 4.4 hingga 4.7 dari 5. Pengguna dapat mengunduhnya melalui Play Store dan App Store

Aplikasi Islami KESAN.Kesan Indonesia. Aplikasi Islami KESAN.

KESAN

KESAN adalah aplikasi buatan pengembang lokal, yang menyediakan Al-Quran, jadwal shalat, alarm azan, dan lain-lain. Dalam aplikasi ini terdapat fitur Al-Quran yang telah dilengkapi dengan tajwid berwarna dan audio yang bisa diputar.

KESAN diklaim didesain khusus untuk menemani para santri, purna santri dan segenap umat Islam setiap saat.

Baca juga: 5 Aplikasi Al Quran untuk Mengaji di Bulan Ramadhan 2022

Untuk pengguna yang ingin dalami nilai ibadah, tersedia Al-Quran 30 juz lengkap dengan transliterasi, terjemahan, pilihan Qari hingga font Arab yang bisa dipilih.

Selain itu, tersedia pula ratusan doa dan penjelasan, zikir dan shalawat lengkap, jadwal shalat, arah kiblat, kalender Hijriah, Hadispedia, Kitab Kuning & Buku Islami, artikel harian, haji & umrah, audio shalawat dan doa, penghitung dzikir dan lain-lain.

Aplikasi KESAN diklaim sudah mendapat TASHIH dari Kemenag dan tersedia di Google Play Store dan App Store.

iDuas Ramadhan

iDuas RamadhanPlay Store iDuas Ramadhan

Aplikasi iDuas merupakan aplikasi kumpulan do’a ramadhan. Aplikasi ini memiliki panduan rinci mengenai do’a-doa apa saja yang dianjurkan selama bulan suci ramadhan termasuk do’a-do’a di malam Lailatul Qadr hingga Idul Fitri.

Pengguna juga dapat mengunduh file MP3 dan video untuk setiap do’a untuk didengarkan secara offline. IDuas dapat diunduh secara gratis di iPhone maupun ponsel Android dan memiliki rating 4.3 dari 5. Anda dapat mengunduh aplikasi ini di App Store atau Play Store berikut ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com