Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Optimasi Jaringan di 500 Titik Jelang Ramadhan 2022

Kompas.com - 31/03/2022, 14:49 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel melakukan penguatan jaringan dalam menyambut bulan Ramadhan dan lebaran 2022.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, ada sejumlah strategi yang dilakukan, seperti peningkatan cakupan, kapasitas, hingga kualitas jaringan Telkomsel.

"Ini dilakukan untuk memastikan karena Ramadhan dan lebaran adalah momen puncak setiap tahunnya, di mana akan terjadi berbagai lonjakan, baik dari sisi payload, trafik data, trafik SMS, dan lainnya," kata Nugroho dalam sebuah acara daring, Kamis (31/3/2022).

Untuk mengakomodasi lonjakan trafik itu, salah satu persiapan Telkomsel adalah dengan melakukan peningkatan kapasitas jaringan.

Hadir di acara yang sama, Vice President Network Assistance, Security & Operations Center Telkomsel, Rahmat Novalianto mengungkapkan Telkomsel sudah meningkatkan kapasitas internet hingga 10,032 Tbps dan kapasitas internet gateway hingga 6,39 Tbps.

Baca juga: Trafik Data 4G dan 5G Telkomsel Melonjak Selama MotoGP Mandalika

"Lalu, untuk memperkuat jaringan, Telkomsel telah melakukan upgrade 155 BTS ke BTS 4G dan membangun 284 BTS 4G baru," kata Noval.

Direktur Network Telkomsel Nugroho menjelaskan soal persiapan Telkomsel menghadapi periode Ramadhan dan Lebaran 2022.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Direktur Network Telkomsel Nugroho menjelaskan soal persiapan Telkomsel menghadapi periode Ramadhan dan Lebaran 2022.
Nugroho mengatakan, tambahan BTS tersebut tersebar di 500 point of interest (PoI), atau titik wilayah yang menjadi perhatian khusus Telkomsel. Pasalnya, lokasi-lokasi itu diprediksi akan mengalami lonjakan trafik selama periode Ramadhan dan Lebaran 2022.

Adapun 500 titik tersebut adalah sebagai berikut:

  • 104 titik area perumahan
  • 299 titik pusat perbelanjaan, alun-alun kota, dan tempat publik lainnya
  • 56 titik bandara, pelabuhan, dan terminal
  • 4 titik rumah sakit rujukan Covid-19
  • 19 titik area dan jalur transportasi dan logistik
  • 18 titik masjid besar

Nugroho tidak memberikan detail kota untuk semua titik tersebut. Ia hanya mengatakan bahwa 500 titik itu sebagian besar tersebar di area Jawa-Bali.

Selain Jawa-Bali, Nugroho juga mengatakan, titik yang menjadi perhatian Telkomsel juga termasuk di wilayah Sumatera dan dan Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi).

Nugroho menambahkan, Telkomsel juga mengerahkan 60 Combat (Compact Mobile BTS) di 500 PoI tadi untuk meningkatkan jumlah kapasitas jaringan Telkomsel selama periode Ramadhan dan Lebaran 2022.

Baca juga: Cara Telepon dan SMS ke Sesama Telkomsel, Tanpa Pulsa

Jaringan Telkomsel di jalur mudik

Tahun ini, pemerintah juga sudah mulai melonggarkan ketentuan mudik lebaran. Untuk itu, Nugroho mengatakan, Telkomsel juga akan memastikan adanya ketersediaan jaringan Telkomsel dengan kualitas yang baik.

Sebagai persiapan, kata Nugroho, Telkomsel telah melakukan rangkaian uji jaringan, termasuk di jalur mudik dengan jarak tempuh sepanjang 15.371 km, yang menjangkau 64 ruas jalan tol utama di seluruh Indonesia.

"Dengan segala persiapan yang sudah dilakukan, saya yakin kami (Telkomsel) dapat memberikan kualitas layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan selama Ramadhan dan Lebaran tahun 2022," pungkas Nugroho.

Prediksi kenaikan trafik Telkomsel

Selama periode Ramadhan dan Lebaran 2022, trafik payload, trafik data, hingga trafik SMS di layanan Telkomsel akan naik dibandingkan dengan hari normal biasanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com