Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga GPU Asus Kini Lebih Murah

Kompas.com - 01/04/2022, 08:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber PC Gamer

KOMPAS.com - Asus mengumumkan akan menurunkan harga kartu grafis (GPU) yang beredar di pasaran. Potongan harga yang diberikan mencapai 25 persen.

Informasi tersebut dikonfirmasi secara langsung oleh pihak Asus. Melalui sebuah pernyataan, Asus mengumumkan bakal menurunkan harga untuk jajaran kartu grafis (GPU) dari RTX 30-series.

Penurunan harga ini berlaku mulai 1 April. Dengan kata lain, masyarakat bisa mendapat GPU RTX 3050, RTX 3060, RTX 3080, RTX 3070, dan RTX 3090 dengan banderol yang lebih terjangkau.

"Gamer dan penggemar PC akan melihat harga yang lebih rendah pada kartu grafis Asus GeForce RTX 30-series mulai 1 April 2022," tulis Asus dalam sebuah e-mail, dikutip KompasTekno dari PCMag, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: GPU GeForce RTX 3050 Mulai Dijual di Indonesia, Harganya?

Pemotongan harga ini tidak hanya berlaku untuk keluarga GPU RTX 30-series saja. Asus mengatakan akan memangkas harga pada sebagian besar unit GPU, tidak terkecuali deretan kartu grafis AMD Radeon RX.

"Asus telah menurunkan harga di semua SKU," ucap juru bicara Asus.

Asus menurunkan harga GPU setelah kebijakan yang diberlakukan AS terhadap tarif impor dari China dicabut.

Saat masih di bawah pemerintahan Donald Trump, AS mengenakan pajak sebesar 25 persen untuk setiap GPU dan motherboard yang diimpor dari Negeri Tirai Bambu.

Hal ini lalu memaksa sejumlah vendor seperti Asus, EVGA, dan Zotac, untuk menaikkan harga jual GPU yang beredar di pasaran, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Gamer, Jumat (1/4/2022).

Kebijakan itu kemudian dihapus oleh Presiden AS, Joe Biden, diikuti oleh menurunnya harga GPU.

Baca juga: Samsung Umumkan Exynos 2200, SoC Pertama Samsung dengan GPU AMD

Selama setahun terakhir, harga GPU kian tinggi. Selain karena pajak yang ditetapkan Donald Trump, para penambang kripto yang doyan memborong GPU di pasaran juga menyebabkan kelangkaan pada stok GPU dan membuat harga semakin mahal.

Kini, dengan adanya dorongan dari Asus, ada kemungkinan jika vendor-vendor akan melakukan langkah yang sama, sehingga harga dan ketersediaan GPU diharapkan akan segera kembali pulih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PC Gamer
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com