Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Chrome Versi 100 Resmi Dirilis, Ini Link Download-nya

Kompas.com - 01/04/2022, 13:01 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 2008 silam, Google meluncurkan peramban (browser) internet mereka sendiri yang bernama Chrome, demi menyaingi browser internet macam Mozilla Firefox, Opera, hingga Internet Explorer.

Versi Chrome kala itu tentunya dimulai dari versi 1, dan dilanjutkan dengan pembaruan dua digit pertama, yaitu versi 10 yang dirilis ke publik pada tahun 2011.

Kini, selang kurang lebih 14 tahun setelah versi pertama dirilis, Google akhirnya resmi merilis pembaruan perdananya yang mengusung nomor versi tiga digit, yaitu Chrome versi 100.

Dalam versi tersebut, Google menghadirkan sejumlah pembaruan dan perbaikan, mungkin supaya pengguna tak beralih ke peramban internet populer lainnya macam Safari, Microsoft Edge, Firefox, Samsung Internet, Opera, dan sejenisnya.

Salah satu pembaruan yang diterapkan adalah logo Chrome teranyar yang kini dibuat lebih minimalis untuk menyelaraskan tampilannya dengan logo pada layanan Google lainnya.

Ilustrasi perubahan logo Chrome dari versi awal hingga versi 100.Google Ilustrasi perubahan logo Chrome dari versi awal hingga versi 100.

Seperti bisa dilihat pada gambar di atas, perubahan logo yang dimaksud hanya menghilangkan elemen bayangan alias shadow di sejumlah komponen visual logo Chome versi 2014 lalu, sehingga desain logo Chrome versi 100 kini lebih sederhana.

Selain pembaruan logo, Google juga turut menghilangkan mode "Lite" di aplikasi Chrome versi 100 untuk perangkat mobile.

Menurut mereka, mode tersebut kini sudah tidak begitu relevan lantaran banyak situs web yang memiliki mode atau fitur untuk menghemat data bagi pengguna smartphone.

Terlebih, Google juga menyebut bahwa harga paket data internet kini sudah jauh lebih terjangkau.

Masih di versi mobile terutama versi Android, Chrome versi 100 juga bakal menghadirkan jendela pop-up berupa konfirmasi untuk menutup semua tab. Jendela tersebut akan dilihat pengguna sesaat mereka menekan menu "Close all tabs". 

Baca juga: Pengguna Diajak Hapus Google Chrome di Ponsel Android, Ada Apa?

Ilustrasi jendela pop-up yang akan dilihat pengguna mobile di Chrome 100 ketika ingin menutup semua tab yang dibuka.AndroidPolice Ilustrasi jendela pop-up yang akan dilihat pengguna mobile di Chrome 100 ketika ingin menutup semua tab yang dibuka.

Ada pula dukungan multi screen window untuk berbagai aplikasi web yang mendukung, serta kemudahan untuk membungkam (mute) suara dari suatu situs web yang sedang dibuka dalam sebuah tab di Chrome versi desktop.

Di samping berbagai fitur baru ini, Google juga melakukan sejumlah peningkatan sistem di Chrome versi 100, serta memperbaiki sekitar 28 isu keamanan yang ada di versi Chrome sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GoogleBlog, Jumat (1/4/2022).

Baca juga: Daftar Shortcut Keyboard Chrome di Windows untuk Browsing Lebih Cepat

Chrome 100 sudah bisa dijajal

Google mengeklaim pembaruan Chrome versi 100 sudah tersedia dalam versi stabil (stable) dan sudah bisa diunduh di berbagai perangkat yang mendukung, mulai dari desktop Windows dan macOS, hingga perangkat smartphone Android dan iOS.

Untuk memperbarui Chrome ke versi 100, pengguna desktop (Windows/macOS) cukup mengeklik ikon "tiga titik horizontal" yang ada di bagian kanan atas tampilan aplikasi Chrome, serta memilih menu "Help" dan "About Google Chrome".

Sementara untuk pengguna Android atau iOS, pembaruan Chrome versi 100 bisa diunduh (download) secara langsung melalui toko aplikasi Play Store atau App Store.

Adapun pengguna Windows atau macOS baru yang ingin menjajal browser Google Chrome bisa mengunduhnya melalui tautan berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Masalah Situs Ini Tidak Dapat Dijangkau di Google Chrome

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com