Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Password yang Kuat biar Akun Medsos Tak Mudah Dibobol

Kompas.com - 03/04/2022, 17:07 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di era serba digital ini,  media sosial medsos menjadi platform yang cukup berguna untuk mempermudah komunikasi antar pengguna. Platform media sosial seperti Instagram atau Twitter, bisa menghubungkan pengguna dari berbagai pelosok wilayah.

Agar bisa mengakses medsos tersebut, pengguna perlu memiliki nama akun serta password-nya. Password atau kata sandi itu berfungsi untuk mengautentikasi kepemilikan akun, supaya tidak diakses oleh sembarang orang.

Tak bisa dipungkiri lagi, akun dalam sebuah medsos juga berisi data pribadi yang harus dilindungi, misal seperti foto pribadi, percakapan antar pengguna, dan sebagainya. Sebab itu, password menjadi salah satu jalan untuk melindungi data pribadi tersebut.

Baca juga: 5 Tips Menghemat Kuota Biar Tak Boros Paket Data Internet

Password pada akun medsos sejatinya tak bisa dibuat secara sembrono. Ada beberapa kaidah yang harus diikuti untuk membuat password yang kuat, supaya tidak mudah dibobol atau diakses oleh orang lain.

Lantas, apa saja kriteria password yang baik? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi Microsoft.

Cara membuat password yang kuat

1. Password minimal berisi 12 karakter

Beberapa platform media sosial, seperti Instagram dan Twitter, biasanya meminta pengguna untuk membuat akun dengan password yang berisi enam hingga delapan karakter. Kata sandi yang kuat paling tidak berisi 12 karakter atau bakal lebih baik jika di atasnya.

2. Password berisi kombinasi karakter

Buatlah password dengan kombinasi dari berbagai karakter, angka, huruf, dan simbol. Kemudian, karakter huruf untuk membuat password bisa dengan kombinasi huruf kecil dan kapital.

3. Hindari password dengan kata umum

Cara membuat password yang kuat bisa dilakukan dengan menghindari penggunaan kata umum. Kata umum ini misalnya sebuah istilah yang menyangkut dengan identitas pengguna, misal nama, tempat bekerja, organisasi, dan sebagainya.

Kata umum juga bisa berarti istilah yang kerap dipakai sehari-hari, misal “selamat pagi”, “halo”, dan sebagainya. Hindari penggunaan kata umum tersebut untuk membuat password. Ini bertujuan agar kata sandi tak mudah ditebak oleh orang lain.

4. Hindari menggunakan password yang sama

Selanjutnya, hindari menggunakan susunan password yang sama dengan di tiap akun medsos. Misalnya, bilah telah menggunakan password “X” di Instagram, usahakan membuat susunan password baru yang berbeda di Twitter.

Tiap pengguna saat ini bisa memiliki lebih dari satu akun medsos. Dengan membuat password yang berbeda di tiap akun, bisa memperkecil kemungkinan terjadinya pembobolan secara bersamaan.

5. Menggunakan istilah yang mudah diingat

Terakhir, cara membuat kata sandi yang kuat bisa dilakukan dengan menggunakan istilah yang mudah diingat pengguna, tapi sulit untuk ditebak orang lain. Agar tidak mudah ditebak, susunan password tersebut bisa menggunakan kombinasi karakter yang unik.

Misalnya, istilah yang mudah diingat pengguna adalah “Selamat Pagi Semua”. Dengan istilah tersebut, bisa dijadikan password dengan kombinasi karakter yang unik, contohnya bisa jadi seperti “53lAm4TPa91S3muA”.

Selain membuat password dengan kaidah penyusunan seperti di atas, pengguna juga wajib untuk mengingatnya, sekaligus tidak membagikan password tersebut secara sembarangan ke orang lain dengan cara apa pun.

Baca juga: 10 Tips agar iPhone Tidak Boros Baterai

Supaya akun medsos tak mudah dibobol, gunakan juga fitur autentikasi dua langkah yang sekarang jamak tersedia. Fitur itu memungkinkan autentikasi pengguna dengan langkah ekstra, selain dari password.

Biasanya, autentikasi dalam fitur tersebut bakal membutuhkan verifikasi dari pengguna melalui kode yang dikirimkan ke nomor telepon atau alamat e-mail. Demikian lima tips membuat password yang kuat pada akun medsos, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com