Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Khilaf Unggah Twit Pakai Gambar iMac M1 sebagai Foto Ilustrasi

Kompas.com - 05/04/2022, 16:04 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Akun Twitter Windows tampaknya tidak sengaja mengunggah gambar komputer terbaru Apple, yaitu iMac M1. Gambar itu diunggah bersamaan dengan twit perusahaan tentang tips untuk membersihkan komputer dengan aman.

Tweet akun resmi Windows itu diunggah pada 30 Maret lalu yang menyertakan tautan pada artikel tips dari eksekutif Microsoft.

"Simak tips tentang cara membersihkan dan menjalankan perangkat Anda dengan aman dan lancar dari Carmen Zlateff," demikian twit akun Twitter Windows yang memiliki 6,9 juta pengikut itu.

Baca juga: Microsoft Boyong PC Game Pass ke Indonesia, Rp 1.500 Bisa Main Bethesda dan Forza Horizon 5

Pihak Microsoft sendiri tampaknya tidak sadar mengunggah twit tersebut dengan foto ilustrasi seseorang sedang memakai iMac, alih-alih PC berbasis Windows. Padahal, iMac menggunakan sistem operasi MacOS bikinan Apple, bukan Windows.

Microsoft posting cuitan di Twitter pakai gambar iMac9to5mac Microsoft posting cuitan di Twitter pakai gambar iMac

Memang, komputer Mac dengan prosesor Intel memungkinkan pengguna untuk menjalakan sistem operasi Windows dengan fitur Boot Camp. Namun, foto perangkat pada gambar ilustrasi yang ditwit akun Windows adalah iMac M1 yang hanya mendukung sistem operasi MacOS.

Baca juga: Apple iMac M1 Sudah Bisa Dibeli di Indonesia, Ini Harganya

Pada akhirnya unggahan itu menarik perhatian warganet sehingga ikut berkomentar atas visual penggunaan komputer Apple tersebut.

Apalagi Microsoft juga memiliki produk komputer sendiri seperti laptop bermerek Surface, Surface Pro dan Surface Studio. Jadi, twit yang diunggah akun Windows agak memantik rasa heran warganet, mengapa persuhaan menggunakan perangkat milik kompetitor.

Tak heran, banyak warganet yang meledek twit tersebut. Tak lama kemudian, Microsoft menghapus cuitan bergambar iMac M1 itu dari akun Twitter Windows.

Baca juga: Daftar Shortcut Google Meet untuk Windows dan Mac

Kasus khilaf "ngetwit" di Twitter

Kekhilafan Microsoft ini juga sering terjadi pada beberapa perusahaan maupun publik figur yang menjadi brand ambassador merek tertentu. Dirangkum KompasTekno dari 9to5mac, Selasa (5/4/2022), beberapa tahun lalu akun Twitter Samsung ketahuan mengunggah tweet promosi Galaxy Note 9, menggunakan iPhone.

Setelah perusahaan menyadarinya, twit tersebut segera dihapus dari Twitter.

Insiden yang sama juga terjadi pada aktris papan atas Gal Gadot, yang saat itu menjadi duta Huawei untuk Amerika Serikat (AS).

Ia ketahuan mengunggah konten promosi smartphone Huawei di Twitter menggunakan iPhone. Meski demikian, aktris pemeran film Wonder Women itu menjelaskan bahwa tweet tersebut diposting oleh timnya menggunakan perangkat pribadi, bukan milik Gal Gadot sendiri.

Baca juga: Kata Google, Linux Lebih Aman Dibanding Windows atau MacOS

Seperti diketahui, Twitter sendiri memiliki label yang menampilkan jenis perangkat yang digunakan pengguna untuk mengunggah tweet.

Contohnya, seperti label keterangan "Twitter for iPhone" untuk pengguna yang mengunggah twit memakai iPhone, "Twitter for Android" untuk pengguna Android dan sebagainya.

Dengan begitu, warganet dapat mengetahui perangkat apa yang digunakan seseorang ketika mengunggah cuitannya di Twitter. Namun keterangan tersebut terkadang tidak disadari oleh pengguna, sehingga bagi beberapa pihak bisa jadi "blunder" yang merugikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com