Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBESI Batal Kirim Timnas E-sports AoV dan LoL ke SEA Games 2021 Vietnam

Kompas.com - Diperbarui 06/04/2022, 09:21 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemenpora, melalui Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) resmi membatalkan keberangkatan empat nomor cabang olahraga (cabor) e-sports kontingen Indonesia, ke gelaran SEA Games Vietnam 2021.

Keempat nomor cabor e-sports yang tidak diberangkatkan tersebut mencakup Arena of Valor (AoV), League of Legends (LoL) PC, League of Legends (LoL) Wild Rift Men, dan League of Legends (LoL) Wild Rift Women.

Menurut Ketua Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) Kemenpora Mochammad Asmawi, perampingan ini terpaksa dilakukan karena berbagai alasan, salah satunya adalah potensi dari keempat cabor e-sports tersebut.

Baca juga: Qualcomm Gelar Turnamen E-sports Snapdragon Pro Series, Gamer Indonesia Bisa Daftar

"Keputusan ini kami ambil setelah melakukan pengkajian dengan berbagai alasan, seperti tidak ada rekam jejak prestasi, tidak berpeluang medali, dan memiliki permasalahan organisasi," kata Asmawi dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (5/4/2022).

"Sehingga, pihak Kemenpora memilih melakukan efisiensi anggaran agar dapat memfokuskan diri lebih baik untuk menghadapi Asian Games 2022 dan Olimpiade 2022," imbuh Asmawi.

Asmawi melanjutkan, pembatalan keberangkatan cabor e-sports ini termasuk dalam perampingan yang dilakukan Kemenpora di seluruh cabor SEA Games 2021 kontingen Indonesia yang bakal diberangkatkan ke Vietnam.

Dia mengeklaim pihaknya telah melakukan perampingan hingga lebih dari 43 persen, di mana jumlah atlet yang berangkat hanya ada 476 orang dari 31 cabor.

Baca juga: PBESI Buka Lowongan Pelatih E-sports untuk SEA Games, Masyarakat Umum Bisa Daftar

Sebelum ada perampingan, ada sekitar 841 atlet dan 52 cabor yang disiapkan Kemenpora untuk mewakili Indonesia di SEA Games 2021.

Adapun jumlah atlet yang diberangkatkan dari nomor cabor e-sports saat ini berjumlah 38 orang ditambah dengan 12 orang dari pihak ofisial. 

Puluhan atlet tersebut akan berkompetisi mengharumkan nama Indonesia di enam nomor cabor e-sports, terdiri dari Mobile Legends, Free Fire, FIFA Online 4, Cross Fire, PUBG Mobile – Team, dan PUBG Mobile – Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com