Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Messenger Luncurkan Fitur Baru untuk Permudah Mention Semua Orang di Grup

Kompas.com - 06/04/2022, 09:09 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Layanan perpesanan Messenger meluncurkan fitur pintasan (shortcut) terbarunya yang dijuluki dengan "@everyone".

Seperti namanya yang dibubuhi tanda "at" (@), fitur ini memungkinkan pengguna menyebut (mention) atau "memanggil" semua orang di dalam sebuah percakapan grup, alih-alih menyebutnya satu per satu.

Menurut perusahaan induk Messenger, Meta, fitur ini bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi pengguna grup untuk mengumumkan informasi penting atau hal mendesak lainnya kepada seluruh anggota grup.

Baca juga: Facebook Beri Notifikasi Screenshot di Percakapan Messenger

Pantauan KompasTekno, Selasa (5/4/2022), fitur pintasan ini sendiri tampaknya sudah bisa dijajal pengguna Messenger di Indonesia.

Pengguna pun bisa dengan mudah mengetikkan pintasan "@everyone" di kolom percakapan grup, berikut dengan isi pesan yang ingin disampaikan.

Setelah itu, para partisipan di dalam grup tersebut akan menerima notifikasi percakapan Messenger yang baru masuk, seperti saat nama mereka di-mention satu per satu dalam sebuah percakapan.

Fitur silent yang dirilis Meta untuk Messenger.Meta Fitur silent yang dirilis Meta untuk Messenger.

Di samping fitur pintasan @everyone, Messenger juga memperkenalkan pintasan lain bernama "/silent".

Apabila mengirimkan pesan dengan awalan pintasan ini, maka seluruh pesan yang dikirimkan pengguna di sebuah grup percakapan tidak akan muncul sebagai notifikasi ke pengguna lainnya dalam satu grup.

Dengan begitu, pengguna tidak akan mengganggu pengguna lainnya apabila mereka hendak mengirimkan pesan yang tidak begitu penting dalam sebuah grup percakapan Messenger.

Baca juga: Video Call di Facebook Messenger Kini Punya Filter Wajah AR

Untuk ketersediaan, Meta mengeklaim bahwa pintasan @everyone dan /silent sudah bisa dijajal pengguna aplikasi Messenger versi Android dan iPhone sejak Senin (4/4/2022) kemarin.

Fitur /gif yang dirilis Meta untuk Messenger.Meta Fitur /gif yang dirilis Meta untuk Messenger.

Selain kedua pintasan tersebut, Meta juga bakal menghadirkan sejumlah pintasan baru lainnya dalam beberapa minggu ke depan.

Di antaranya seperti /pay untuk mengirim atau menerima uang di aplikasi Messenger (khusus pengguna AS), serta /gif untuk mengirimkan gambar animasi kocak atau meme internet kepada pengguna lainnya dalam sebuah percakapan. 

Baca juga: Pengguna Instagram dan FB Messenger Kini Bisa Chatting Bareng

Ada pula pintasan /shrug yang memungkinkan pengguna mengekspresikan gestur "mengangkat bahu" melalui emotikon, serta /tableflip untuk mengekspresikan aksi kesal atau marah dengan emotikon "membalikkan meja" yang cukup populer.

Apabila belum mendapatkan fitur @everyone dan /silent, tidak ada salahnya untuk memperbarui versi aplikasi di toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com