Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ajang Kumpul Developer Apple WWDC 2022 Digelar Online, Ini Tanggalnya

Kompas.com - 06/04/2022, 18:34 WIB
Bernad Adi Pramudita,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple resmi mengumumkan jadwal acara tahunan World Wide Developer Conference (WWDC) 2022. Ajang kumpul developer ini akan digelar selama empat hari dari 6 Juni hingga 10 Juni 2022.

Sama seperti tahun lalu, WWDC 2022 akan kembali digelar secara virtual atau online. Acara ini bisa diikuti secara cuma-cuma tanpa dipungut biaya.

Dalam ajang tahunan ini, Apple biasanya mengumumkan sejumlah hal baru, salah satunya adalah sistem operasi iOS versi teranyar.

"Dua tahun sukses menggelar acara ini secara virtual, Apple kembali akan memamerkan inovasi baru pada iOS, iPadOS, macOS, watchOS, dan tvOS, serta memberikan kesempatan bagi para developer untuk belajar dari teknisi Apple dan teknologinya," ujar pihak Apple.

Baca juga: Mirip Apple, Samsung Izinkan Pengguna Perbaiki Sendiri Galaxy S21

Apple sendiri masih belum membeberkan informasi terkait produk-produk yang akan dihadirkan lewat WWDC 2022.

Jika mengacu pada tradisi perusahaan, setiap tahunnya Apple akan mengumumkan deretan sistem operasi baru untuk seluruh perangkat buatannya.

Jika masih sesuai tradisi, maka pada 2022 ini Apple akan mengumumkan iOS 16 dalam ajang WWDC 2022 ini.

Selain itu, Apple juga seringkali memberi kejutan dalam ajang ini. Seperti misalnya pada 2020 lalu, saat itu Apple mengumumkan kehadiran chip M1 yang digunakan di komputer Mac besutannya.

Dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (6/4/2022), jumlah komunitas pengembang Apple saati ini mencapai kurang lebih 30 juta anggota. Perusahaan juga menjanjikan bahwa acara ini akan memiliki lebih banyak sesi dan banyak interaksi secara virtual

"Acara tahun ini akan punya lebih banyak sesi informasi, laboratorium teknologi yang lebih mutakhir, lebih banyak aula daring untuk berinteraksi dengan partisipan, dan konten yang lebih lokal," kata perusahaan.

Baca juga: Apple Kuasai Pasar Ponsel 5G Global meskipun Telat Rilis iPhone 5G

Hingga saat ini, perusahaan belum mengumumkan secara rinci rangkaian acara yang digelar selama empat hari tersebut.

Acara WWDC nantinya dapat disaksikan dalam laman daring resmi milik perusahaan atau saluran YouTube resmi milik Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com