Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Verifikasi Wajah Pendaftaran Prakerja Gagal Terus? Lakukan Cara Ini Agar Berhasil

Kompas.com - 06/04/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 25 telah dibuka beberapa pekan lalu. Adapun dalam setiap proses pendaftaran Kartu Prakerja, peserta wajib mengikuti tahapan-tahapan sesuai ketentuan yang berlaku. 

Pada tahap pertama pendaftaran Kartu Prakerja, peserta diwajibkan untuk mengisi seluruh data diri dengan benar dan sebenar-benarnya di laman https://www.prakerja.go.id/

Setelah mengisi keseluruhan data diri, tahap selanjutnya adalah peserta diwajibkan melakukan swafoto untuk verifikasi wajah. Pada tahap ini lah sebagian peserta mengeluhkan bahwa proses verifikasi wajah cukup sulit dan mengalami gagal berulang kali.

Namun sebenarnya proses verifikasi wajah dapat dilakukan dengan mudah sesuai panduan pada laman resmi Prakerja. Tidak sedikit juga peserta Kartu Prakerja lain yang berhasil dalam tahapan proses verifikasi wajah ini.

Lantas bagaimana cara agar verifikasi wajah pada pendaftaran Prakerja berhasil? Berikut ini KompasTekno rangkum beberapa hal yang harus diperhatikan peserta dalam tahapan verifikasi wajah.

Baca juga: Cara Membeli Pelatihan Kartu Prakerja di Tokopedia

Pastikan wajah terlihat dengan pencahayaan yang cukup

Verifikasi wajah pada saat pendaftaran Prakerja bisa jadi Anda mengambil swafoto di ruangan yang minim cahaya. Hal tersebut membuat wajah Anda bisa jadi kurang jelas terdeteksi pada sistem Prakerja.go.id.

Maka dari itu usahakan mengambil swafoto di ruangan dengan pencahayaan yang baik. Tidak terlalu terang maupun gelap.

Memenuhi 80 persen dari frame foto

Foto harus memenuhi 80 persen dari frame foto. Artinya, foto yang diambil harus close up dan terlihat jelas wajah hingga bahu peserta.

Hindari menggunakan aksesoris

Peserta yang melakukan tahapan proses verifikasi wajah diharapkan menanggalkan aksesoris wajah seperti kacamata, masker, dan lainnya. Beberapa peserta yang gagal verifikasi wajah umumnya tidak menyadari masih menggunakan kacamata atau aksesoris lain saat swafoto.

Baca juga: Link Dashboard Prakerja untuk Cek Lolos Seleksi atau Tidak

Swafoto yang diambil tidak perlu menyertakan KTP

Untuk tahapan proses verifikasi wajah, peserta cukup melakukan swafoto diri sendiri tanpa membawa KTP atau berbagai dokumen lain.

Ambil foto selfie dengan posisi normal

Ambil swafoto dengan posisi normal, tidak asal-asalan atau rebahan. Foto selfie yang diambil sembarangan dan tidak memperhatikan posisi yang tepat juga menjadi satu penyebab verifikasi foto pendaftaran Prakerja gagal.

Setelah memenuhi panduan di atas, saatnya melakukan swafoto dengan baik yang bisa Anda sesuaikan ukuran dan rotasi fotonya di fitur “Rotasi” dan “Ukuran” yang bisa diatur dengan menggeser kanan atau kiri garis fitur "Rotasi" dan "Ukuran".

Setelah seluruh foto sudah sesuai, klik “Gunakan Foto” kemudian lanjut ke tahap selanjutnya. Itulah cara agar verifikasi foto pendaftaran Prakerja agar berhasil. Semoga membantu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com