Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Ponsel Pertama Realme yang Tidak Dibekali Charger

Kompas.com - 07/04/2022, 18:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Realme

KOMPAS.com - Mengikuti jejak Apple dan Samsung, Realme turut menghilangkan adapter charger dalam kotak kemasan ponsel besutannya. Realme Narzo 50A Prime menjadi ponsel pertama dari Realme yang tidak disertai adapter charger bawaan dalam kotak.

Narzo 50A Prime sendiri sebenarnya sudah dirilis di Indonesia pada 22 Maret lalu. Realme sudah meniadakan charger dalam kotak penjualan Narzo 50A Prime di Tanah Air.

Namun, upaya ini banyak mengundang perhatian menjelang peluncuran Narzo 50A Prime di India.

Belum lama terdapat sebuah bocoran yang mengungkapkan absennya adapter charger pada kotak kemasan Narzo 50A Prime. Tidak butuh waktu lama hingga Realme mengonfirmasi kebenaran dari rumor tersebut.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Realme Narzo 50 di Indonesia

Melalui sebuah keterangan tertulis, Realme mengatakan bahwa langkah ini sengaja dilakukan sebagai bentuk partisipasi perusahaan dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik.

“Kami telah mengambil inisiatif untuk fokus pada keberlanjutan lingkungan dan juga berusaha untuk mencapai target Double Zero seperti emisi karbon net-zero di tahun 2025," ungkap VP of Realme dan President of Realme International Business Group Madhav Sheth.

Perusahaan asal China itu juga menganggap bahwa kebanyakan pengguna sudah memiliki adapter charger 10 Watt, sehingga, aksesori lama tersebut bisa kembali digunakan untuk mengisi daya Narzo 50A Prime.

Realme juga mengaku bahwa menghilangkan adapter charger dapat membantu menjaga harga jual perangkat.

"Ini juga akan membantu kami menambahkan lebih banyak peningkatan ke perangkat dengan harga dan penawaran terbaik di kelas yang sama," tulis Realme, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Realme, Kamis (7/4/2022).

Bagi pengguna yang belum memiliki adapter charger, Realme juga menyarankan untuk dapat membeli aksesori tersebut secara terpisah, apabila diperlukan.

Sejauh ini, upaya peniadaan adapter charger ini baru dilakukan Realme untuk pertama kali di Narzo 50A Prime.

Baca juga: Oppo Akan Tetap Sertakan Kepala Charger di Kotak Kemasan Smartphone

Dicetuskan oleh Apple

Tren tidak lagi menyertakan adapter charger dalam kotak penjualan ponsel mulanya dicetuskan oleh Apple ketika meluncurkan jajaran iPhone 12 series pada 2020.

Selain tidak menyertakan charger, Apple juga ikut menghilangkan earphone dalam paket pembelian, dengan alasan peduli lingkungan.

Alasan serupa juga digunakan Samsung ketika pihaknya memutuskan tidak lagi menyertakan adapter charger bawaan pada kotak kemasan Galaxy A33 5G, Galaxy A53 5G, dan A73 5G.

Sebelumnya, Samsung lebih dulu memangkas adapter charger bawaan dari kotak penjualan ponsel flagship pada lini Galaxy S21 series, diikuti oleh Galaxy S22 series, dan kini pada ponsel kelas menengah Galaxy A-series.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Realme
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com