Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat Wallpaper Windows XP Legendaris Ini? Begini Sejarahnya

Kompas.com - 08/04/2022, 13:03 WIB
Bernad Adi Pramudita,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah watu wallpaper Windows yang cukup legendaris adalah wallpaper Windows XP yang dirilis tahun 2001 lalu.  Wallpaper itu sejatinya cukup sederhana.

Hanya menggambarkan padang rumput hijau membentang dengan segerombolan awan putih memenuhi langit biru di atasnya. Wallpaper Windows XP yang dikenal dengan sebutan Bliss itu merupakan sebuah foto yang diambil oleh seorang fotografer bernama Charles O'Rear.

Suatu hari di tahun 1998, pria yang akrab disapa Chuck itu sedang melakukan perjalanan dalam perjalanan dari Sonoma County menuju Marin County dengan melewati Napa, California, Amerika Serikat.

Dalam perjalanan, pria dengan pengalaman di bidang fotografi lebih dari 25 tahun tersebut, melihat pemandangan hamparan kebun anggur yang menarik perhatiannya.

Spontan, ia turun dari mobil untuk mengambil gambar pemandangan tersebut. Saat menjepretnya, Chuck tidak menyangka fotonya akan terpampang di lebih dari jutaan komputer di seluruh dunia.

Baca juga: 20 Tahun Windows XP dan Kenangannya, dari Suara hingga Serial Number Bajakan

Foto itu ia abadikan dengan kameranya, Mamiya RZ67 dengan menggunakan film bermerk Fuji Film dan sebuah tripod.

Setelah mengambil foto, Chuck menjualnya ke Corbis, sebuah perusahaan lisensi foto digital yang dimiliki Bill Gates, yang tak lain adalah CEO Microsoft. Niatnya, foto itu hanya akan digunakan sebagai stok foto seni di Corbis.

Di saat bersamaan, Windows XP tengah dalam masa pengembangan. Mujur bagi Chuck, salah satu orang Microsoft melihat karyanya saat itu dan langsung tertarik.

Saking tertariknya, mereka langsung membeli hak ciptak foto Bliss, alih-alih cuma melisensinya saja. Dalam sebuah wawancara bersama PC World tahun 2014 lalu, Chuck bercerita bahwa ada beberapa foto yang diseleksi Microsoft saat itu.

"Seberapa banyak foto yang dia seleksi, entahlah, saya tidak tahu," kata Chuck.

Chuck juga tidak berkenan menyebutkan berapa nominal pembelian foto Bliss tersebut. Yang bisa dikatakan Chuck, foto itu dibeli dengan nilai yang sangat besar pada waktu itu, dan masih besar juga di masa sekarang.

Baca juga: Windows XP Ulang Tahun Ke-20, Masih Ada yang Pakai?

Saking tingginya nilai foto tersebut, Chuck menuturkan banyak perusahaan ekspedisi yang tidak berani mengirim foto dalam bentuk film negatif tersebut.

Pada akhirnya, Microsoft memberinya tiket pesawat untuk mengantarkan foto tersebut secara langsung dari Napa ke markas Microsoft di Washingtin DC.

Lokasi asli foto Bliss, Wallpaper Windows XP yang diambil pada tahun 2014.pcworld.com Lokasi asli foto Bliss, Wallpaper Windows XP yang diambil pada tahun 2014.

Sempat menyesal

Meski nilainya besar, Chuck menyesali penjualan foto tersebut. Ia tak menyangka jika kini fotonya menjadi salah satu foto yang paling banyak dilihat di dunia.

"Kalau dulu saya tahu foto itu akan jadi sangat populer, saya akan minta satu sen untuk setiap kali foto itu muncul di komputer dan dilihat orang," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com