Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Shopee dengan SPinjam

Kompas.com - 08/04/2022, 14:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Sebagian pengguna mungkin sudah tak asing lagi dengan Shopee. Perusahaan marketplace asal Singapura itu menghadirkan berbagai kemudahan transaksi barang bagi pengguna termasuk cara pembayarannya.

Shopee kini tak hanya sekadar tempat untuk jual-beli barang, melainkan terdapat juga layanan keuangan yang tersedia didalamnya, termasuk Shopee Pinjam atau biasa disebut SPinjam.

Perlu diketahui, SPinjam adalah layanan pinjaman tunai yang bisa diakses secara online bagi pengguna Shopee. Layanan dari SPinjam itu diselenggarakan oleh perusahaan fintech lending (pinjaman online), PT Lentera Dana Nusantara.

Baca juga: Selain di Indonesia, Shopee Juga Beroperasi di Negara-negara Ini

Transaksi pinjaman dari perusahaan tersebut telah diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan layanan SPinjam, pengguna bisa mengajukan pinjaman tunai di Shopee, dengan cicilan yang harus dibayarkan tiap bulan sesuai jangka waktu tertentu.

Dikutip dari laman resmi Shopee, tidak semua pengguna bisa pinjam uang di Shopee lewat SPinjam. Lantas, bagaimana cara mendapatkan Shopee Pinjam? Sayangnya Shopee tidak menerangkan lebih lanjut terkait cara mendapatkan layanan tersebut.

Dikatakan hanya pengguna (pembeli) terpilih Shopee yang bisa mendapatkan layanan SPinjam. Selain itu, SPinjam juga tidak beroperasi di seluruh wilayah, terkait dengan aturan regulasi untuk pinjaman konvensional.

Dengan demikian, persoalan SPinjam Shopee tidak muncul di beberapa pengguna sangat mungkin terjadi. Indikasi pengguna dapat memakai layanan SPinjam di Shopee adalah munculnya opsi khusus bertajuk “SPinjam” yang terdapat di menu “Saya”

Lewat opsi tersebut, pengguna bisa mengajukan pinjaman di Shopee. Namun, agar bisa mengajukan pinjaman uang di Shopee, pengguna perlu mengaktifkan SPinjam terlebih dahulu, berikut penjelasannya.

Cara mengaktifkan SPinjam

  • Unduh aplikasi Shopee di Play Store (Android) atau App Store (iOS)
  • Daftar atau login menggunakan username atau password
  • Klik tab “Saya” untuk masuk ke profil
  • Pilih menu “SPinjam” yang berada di bawah barisan menu “Dompet Saya”
  • Klik “Aktifkan Sekarang” dan masukkan kode verifikasi (OTP)
  • Klik “Lanjut”
  • Jika pengguna SPayLater maka periksa kembali nama yang tercantum di aplikasi apakah sudah sesuai dengan KTP
  • Jika bukan pengguna SPayLater maka unggah foto KTP menggunakan kamera belakang dan posisikan KTP sesuai bingkai yang tersedia
  • Pastikan informasi pribadi sudah sesuai dengan KTP
  • Masukkan informasi tambahan, kemudian klik “Konfirmasi”. Pastikan data tambahan sudah benar termasuk pada kontak darurat yang diawali dengan angka 0 dan tidak diawali dengan kode negara "+62" atau "62"
  • Lakukan verifikasi wajah, klik “Mulai Verifikasi Wajah”
  • Arahkan wajah ke dalam bingkai yang tersedia dan pastikan mengambil gambar di ruangan dengan pencahayaan yang baik

Setelah verifikasi wajah berhasil, pengguna bakal mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan aktivasi SPinjam sedang diproses. Proses verifikasi akan membutuhkan waktu beberapa menit.

Jika pengajuan pengajuan disetujui, pengguna bakal menerima pesan pop-up bahwa SPinjam berhasil diaktifkan. Setelah SPinjam aktif, kini pengguna bisa mengajukan pinjam uang di Shopee, berikut caranya.

Baca juga: 2 Cara Cek Resi GrabExpress dari Aplikasi Grab, Tokopedia, dan Shopee

Cara pinjam uang di Shope SPinjam

  • Buka aplikasi Shopee di ponsel
  • Masuk ke tab "Saya", kemudian pilih opsi “SPinjam”
  • Pilih opsi “Ajukan”, pilih jumlah pinjaman dengan menggeser tombol sesuai dengan nominal yang akan diajukan
  • Pilih jangka waktu pelunasan pinjaman, bisa 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan
  • Pilih rekening bank yang akan digunakan untuk menerima pinjaman tunai atau klik opsi “Tambahkan Rekening Bank”
  • Selanjutntya, klik opsi “Lanjutkan” dan pilih “Ajukan Sekarang”, kemudian masukkan pin ShopeePay.

Jumlah pinjaman yang dapat diajukan berkisar minimal mulai dari Rp 200.000 hingga maksimal Rp 15.000.000, sesuai dengan limit yang diperoleh pengguna. Besaran limit pinjaman yang didapat tiap pengguna berbeda-beda.

Pengguna tidak bisa mengajukan penambahan limit pinjaman tersebut secara manual. Bila sering menggunakan SPinjam dan taat membayar cicilannya atau tidak pernah melewati jatuh tempo, biasanya limit pinjaman tersebut bakal ditambah secara otomatis.

Sementara itu, minimal bunga Shopee Pinjam adalah 1,95 persen dari total tagihan atau cicilan per bulan. Besaran bunga Shopee Pinjam tersebut bergantung dari jumlah pinjaman dan jangka waktu pembayaran yang dipilih pengguna.

Baca juga: Salah Beli Barang? Ini Syarat, Ketentuan, dan Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

SPinjam juga menetapkan biaya administrasi hingga 3 persen per transaksi. Jika telat bayar, pengguna akan dikenakan denda sebesar 5 persen setiap bulan dari total tagihan. Demikian cara pinjam uang di Shopee dengan SPinjam, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com