Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna ShopeePay Bisa Pakai Semua QRIS untuk Transaksi Non Tunai, Begini Caranya

Kompas.com - 08/04/2022, 18:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Uang elektronik ShopeePay kini memperluas layanannya yang memungkinkan pengguna bisa melakukan transaksi menggunakan semua kode Quick Response Indonesia Standart (QRIS) untuk segala jenis transaksi.

Dukungan ini diumumkan lewat kampanye bertajuk "Semua QRIS". Kampanye ini bertujuan untuk mendorong perluasan adopsi teknologi digital dan digitalisasi pada pemilik usaha hingga skala mikro, serta mempermudah masyarakat yang ingin melakukan transaksi pada QRIS.

Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam mengatakan bahwa inisiatif "Semua QRIS" sejalan dengan perluasan penggunaan QRIS yang ditargetkan Bank Indonesia (BI) kepada 15 juta UMKM di akhir tahun 2022.

"Kami berharap upaya ini dapat memperluas pemahaman masyarakat bahwa ShopeePay dapat digunakan untuk bertransaksi di semua kode QRIS di seluruh gerai bisnis di Indonesia dengan mudah, aman, dan menguntungkan," ungkap Eka dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Perbedaan ShopeePay, SPayLater, dan SPinjam untuk Pengguna Shopee

Sebelum menggelar kampanye "Semua QRIS", ShopeePay dikenal rutin menghadirkan beragam jenis inisiatif sebagai upaya pendorong penggunaan QRIS.

Beberapa langkah yang telah dilakukan ShopeePay di antaranya termasuk menghadirkan fitur "Upload QRIS dari Galeri Ponsel". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyelesaikan transaksi pembayaran secara jarak jauh dengan cara mengunggah foto QRIS dari galeri foto.

Langkah tersebut juga dilanjutkan ShopeePay dengan cara menggandeng mitra layanan pembayaran digital terpercaya di delapan kereta api kelas Argo dari KAI Services yang terintegrasi dengan QRIS.

Sejauh ini, ShopeePay diklaim telah memfasilitasi transaksi QRIS di ratusan ribu merchant dari berbagai lini industri yang tersebar di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia.

Baca juga: Cara Transfer GoPay ke ShopeePay dengan Mudah

Cara scan QRIS menggunakan ShopeePay

Pembayaran menggunakan ShopeePay dapat dilakukan dengan memindai (scan) kode QRIS yang tersedia. Berikut merupakan cara scan QRIS menggunakan ShopeePay:

  • Buka aplikasi Shopee.

  • Pilih tab "Saya" yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi.

  • Pilih menu "ShopeePay".

  • Tekan menu "Bayar".

  • Arahkan kamera ke kode QRIS yang tersedia.

  • Selanjutnya, aplikasi akan menampilkan detail transaksi.

Baca juga: Cara Transfer Uang di ShopeePay ke Rekening Bank Tanpa Biaya Admin

Dalam rangka mendukung perluasan adopsi pembayaran digital di Indonesia, ShopeePay sejak 4 April lalu memberikan cashback 30 persen kepada pengguna yang melakukan transaksi menggunakan ShopeePay.

Benefit ini berlaku di seluruh merchant yang sudah mengadopsi kode QRIS sebagai opsi pembayaran digital di gerainya.

Promo cashback ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi masyarakat untuk bertransaksi menggunakan QRIS sekaligus mendorong lebih banyak pemilik usaha untuk mengadopsi layanan pembayaran digital yang dikembangkan oleh BI dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com