Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Uji Fitur Baru untuk Pengguna yang Tidak Mau "Dicolek" di Thread

Kompas.com - 09/04/2022, 16:14 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Twitter selama ini memungkinkan pengguna untuk mencolek atau me-mention pengguna lainnya dalam sebuah kicauan atau thread.

Namun, perusahaan tidak menyediakan opsi agar pengguna bisa menghapus mention dirinya dari twit orang lain, atau keluar dari percakapan dan tidak "dicolek" lagi dalam sebuah thread

Kabar terbaru menyebutkan Twitter sedang melakukan uji coba fitur yang disebut "unmention". Fitur ini akan memungkinkan pengguna dirinya tidak bisa di-mention dalam percakapan tertentu.

Uji coba fitur ini diumumkan perusahaan melalui akun Twitter resminya.

"Kami sedang berkeksperiman dengan Unmention, yaitu cara untuk membantu kenyamanan Anda dan menghapus Anda dari percakapan," tulis Twitter.

Baca juga: Bakal Diintegrasikan ke Twitter Blue, TweetDeck Tidak Akan Gratis Lagi?

Dalam uggahan tersebut, Twitter juga mengunggah GIF yang menggambarkan bagaimana fitur "unmention" digunakan. Berdasarkan unggahan Twitter, untuk menghapus mention pengguna hanya perlu menekan ikon tiga titik yang tersedia pada kolom tweet.

Dari situ, pengguna akan menemukan opsi untuk menghapus mention atau meninggalkan percakapan dalam thread.

Dengan memilih opsi tersebut, nama akun pengguna yang ditandai juga akan berubah warna menjadi hitam dari sebelumnya berwarna biru. Selain itu, opsi tersebut juga akan menghentikan notifikasi percakapan agar tidak lagi dikirimkan ke Twitter Anda.

Namun fitur ini baru diuji coba pada Twitter versi web saja, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Sabtu (9/4/2022).

Dengan kata lain, fitur ini belum tersedia untuk Twitter versi mobile baik Android maupun iOS. Sebagaimana pengujian fitur lainnya, uji coba fitur unmention juga hanya diterapkan pada sejumlah pengguna.

Diuji sejak Februari

Sebelum Twitter mengumumkan pengujian fitur hapus mention, Jane Manchung Wong, seorang yang gemar mengoprek aplikasi juga sempat membocorkan fitur ini pada Februari lalu.

Saat itu Wong mengatakan bahwa Twitter sedang menguji fitur yang memungkinkan pengguna meninggalkan obrolan.

Fitur tersebut sama persis dengan fitur yang kini diumumkan Twitter.

Baca juga: Elon Musk Jadi Pemegang Saham Terbesar Twitter, Segera Ambil Alih?

Twitter juga siapkan fitur edit

Selain fitur unmention, Twitter sebelumnya juga dikabarkan sedang mengembangkan fitur tombol edit untuk pengguna. Fitur ini sendiri cukup lama dinanti kehadirannya oleh pengguna Twitter, namun belum diwujudkan perusahaan.

Pada 2022 ini, keinginan tersebut tampaknya akan benar-benar terwujud. Pasalnya, Twitter mengungkapkan bahwa pihaknya sebenarnya sudah sejak tahun lalu mengerjakan fitur tombol edit ini.

Dalam beberapa bulan mendatang, Twitter akan menguji fitur tombol edit ini untuk kepada pengguna layanan berbayar Twitter, yaitu Twitter Blue. Hal ini diungkapkan langsung oleh Twitter melalui akun dengan handle @TwitterComms.

"Kami memulai pengujian (edit button) di dalam @TwitterBlue Lab dalam beberapa bulan mendatang untuk mempelajari apa yang berhasil, apa yang tidak, dan apa yang memungkinkan," tulis @TwitterComms.

Sayangnya, Twitter tidak menyebutkan kapan pastinya fitur ini akan resmi diuji coba ke pengguna Twitter Blue dan dirilis ke pengguna Twitter.

Kendati demikian, Twitter menegaskan bahwa pihaknya serius dan tidak bercanda ketika mengatakan sedang menyiapkan fitur tombol edit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com