Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Uji Coba Fitur Musik di Unggahan Feed, Pengguna Indonesia Sudah Kebagian

Kompas.com - 12/04/2022, 08:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah hadir di Instagram Stories (IG Stories) dan Reels, Instagram berencana memperluas dukungan fitur musik ke unggahan di feed.

Saat ini, Instagram diketahui tengah melakukan uji coba fitur musik di feed itu kepada sejumlah pengguna Instagram di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Hal ini dikonfirmasi oleh Putri Silalahi selaku Kepala Komunikasi Instagram, Asia Tenggara.

"Instagram tengah menguji coba fitur Musik di Feed di Indonesia. Saat ini, uji coba hanya dilakukan di beberapa negara, yakni Brasil, Turki, India, Argentina, dan Indonesia," kata Putri melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Senin (11/4/2022).

Pantauan KompasTekno, sebagian pengguna Instagram Indonesia sudah bisa menjajal fitur "Add Music" atau tambahkan musik di unggahan feed sejak Kamis (7/4/2022).

Baca juga: Instagram Uji Coba Fitur Musik di Postingan Feed

Fitur "Add Music" itu tersedia di aplikasi Instagram versi 229.0.0.17.118 di ponsel Android atau versi 228.0 di iPhone (iOS).

Kendati demikian, tak seluruh pengguna Instagram di Indonesia kebagian fitur musik untuk feed ini. Hal ini terbilang wajar karena biasanya uji coba fitur baru dilakukan hanya kepada sebagian pengguna.

Tangkapan layar fitur Add Music yang sudah tersedia di aplikasi Instagram versi 229.0.0.17.118 di ponsel Android.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tangkapan layar fitur Add Music yang sudah tersedia di aplikasi Instagram versi 229.0.0.17.118 di ponsel Android.
Hanya bisa digunakan untuk unggahan satu foto

Pengguna bisa menemukan fitur "Add Music" untuk unggahan feed di halaman akhir saat pengguna biasa menuliskan caption, menandai (tag) pengguna lain, atau menyertakan nama tempat.

Baca juga: Cara Ganti Timeline Instagram Berdasar Waktu Posting-nya

Pengguna bisa menambahkan musik di positngan feed dengan mengeklik fitur "Add Music" yang ada di bawah kolom "Add Location".

Ketika fitur "Add Music" diklik, pengguna akan dibawa ke jendela database musik Instagram untuk mencari dan memilih lagu yang diinginkan.

Persis saat menambahkan lagu di Reels atau melalui stiker musik di IG Stories, pengguna juga bisa menyesuaikan bait lagu yang ingin digunakan dalam unggahan feed.

Untuk durasinya, musik yang bisa ditambahkan ke unggahan feed maksimal berdurasi 90 detik alias 1,5 menit.

Namun, ketika dijajal, fitur "Add Music" di unggahan feed ini hanya bisa digunakan ketika pengguna mengunggah satu foto.

Baca juga: Cara Bikin Rekomendasi Musik di Instagram Stories

Sepengalaman KompasTekno, ketika mencoba mengunggah beberapa foto (carousel) atau sebuah video, fitur "Add Music" menghilang alias tidak tersedia.

Hal ini pun dibenarkan oleh Putri.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com