Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Buatan India Mulai Diproduksi

Kompas.com - 13/04/2022, 07:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selama ini, lini iPhone 13 series yang dirilis tahun lalu, diproduksi oleh pabrik rekanan Apple, yakni Foxconn di China. Namun, kini lini iPhone 13 mulai diproduksi di India.

iPhone 13 muali diproduksi di fasilitas Foxconn bernama Wistron, yang berlokasi di wilayah dekat Kota Chennai, tepatnya di wilayah Sriperumbudur, kota di negara bagian Tamil Nadu, India.

Sebelumnya, Apple telah melakukan uji coba produksi iPhone 13 di India pada bulan Desember lalu. Apple sendiri telah mengonfirmasi kabar ini dan mengatakan pihaknya sudah memulai produksi iPhone 13 di India.

"Kami sangat bersemangat untuk mulai membuat iPhone 13 dengan desainnya yang indah, sistem kamera yang canggih untuk foto dan video dan kinerja yang luar biasa dari chip A15 Bionic, di India untuk pelanggan lokal kami," kata Apple dalam sebuah pernyataan yang dikutip KompasTekno dari Mint, Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Foxconn Resmi Bangun Pabrik di Amerika Serikat

Apple juga mengatakan bahwa produk yang dirakit di India akan dijual untuk pasar domestik, bukan untuk diekspor ke negara lain.

Sayangnya, memproduksi iPhone secara lokal tidak serta merta membuat harga iPhone lebih murah di India. Strategi ini hanya akan meningkatkan ketersediaan perangkat di pasaran, lantaran India sendiri adalah pasar smartphone terbesar di dunia, meskipun Apple bukan salah satu lima besar merek smartphone di sana.

Mengurangi ketergantungan China

Salah satu alasan memproduksi iPhone secara lokal adalah untuk meningkatkan volume produksi. Selain itu, strategi ini juga menekan ketergantungan Apple pada unit impor, yang dikenai pajak oleh pemerintah India.

Adapun pajak impor yang dibebankan oleh pemerintah adalah sebesar 20 persen, sebagaimana dihimpun dari GSM Arena.

Pengalihan manufaktur dari China ke India juga bertujuan agar perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS, itu perlahan-lahan bisa lepas dari ketergantungan rantai pasokan China, mengingat hubungan politik AS-China rentan bergejolak.

Rencananya, Apple akan memindahkan 20 persen produksinya dari China ke India dalam beberapa waktu mendatang. Dihimpun dari Reuters, Apple juga berencan merakit iPad di Negeri Anak Benua.

Baca juga: Apple Mulai Bikin iPhone 12 di India

Sejak 2017

Apple sebenarnya sudah pernah memproduksi iPhone di India sejak tahun 2017. Namun dalam tahap awal, pabrik di India hanya memproduksi iPhone SE generasi pertama.

Selanjutnya Apple juga menggunakan pabrik yang sama untuk merakit iPhone 11 hingga iPhone 12. Berarti, iPhone 13 merupakan produk Apple keempat yang diproduksi di manufaktur mitra Apple di India.

Di India, tidak semua model iPhone 13 akan diproduksi. Rupanya, Apple hanya akan memproduksi model reguler saja di India, seperti iPhone 11 dan iPhone 12 dulu.

Melansir India Today, hingga saat ini, Apple belum pernah memproduksi iPhone model flagship (Pro/Pro Max) di India.

Baca juga: Apple Jadi Produk Populer di Kalangan Remaja AS

Buka toko ritel di India

Setelah memulai produksi iPhone 13 di India, Apple kabarnya berencana untuk menghadirkan toko ritel di negara tersebut. Dirangkum KompasTekno dari XDA Developer, Selasa (12/4/2022), Apple sejak tahun lalu sudah merekrut karyawan untuk membuka toko di Mumbai dan Delhi.

Dua toko tersebut akan melengkapi toko online Apple yang tersedia sejak dua tahun lalu. Selain toko online, Apple juga menjual produknya secara offline melalui mitra penjual resmi di India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com