Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Sudah Terbaca atau Belum meski Centang Biru Dimatikan

Kompas.com - 14/04/2022, 16:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui apakah pesan yang dikirimkan sudah terbaca atau belum, dengan menggunakan tanda centang biru.

Saat tanda centang biru tersebut muncul di samping kolom obrolan maka artinya pesan telah terkirim dan terbaca oleh penerima. Bagi sebagian pengguna, fitur tanda pesan terbaca ini mungkin sedikit mengganggu.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Voice Note WhatsApp Tidak Ada Suara

Ada berbagai alasan soal kenyamanan pribadi yang membuat fitur tersebut jadi cukup mengganggu. Fitur tanda centang biru itu sendiri bisa diaktifkan dan dinonaktifkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Bila fitur tanda pesan terbaca WhatsApp dimatikan, pengirim tidak akan mengetahui apakah pesannya telah dibaca oleh penerima atau belum. Tanda centang pada pesan tetap akan berwarna abu-abu, tidak berubah jadi biru, meski penerima telah membacanya.

Menonaktifkan fitur centang biru mungkin bakal lebih menjaga privasi penerima pesan. Pengirim tidak akan bisa memantau kapan penerima itu membaca pesannya. Namun dalam kondisi tertentu, pengirim mungkin bakal berharap agar pesannya segera dibaca.

Misalnya saat kondisi mendesak dan genting, pengirim bisa saja bertanya-tanya apakah pesan WhatsApp yang dikirimkan telah dibaca atau belum oleh penerima.

Dalam kondisi fitur centang biru yang dinonaktifkan penerima, pengirim tidak bakal mengetahui apakah pesannya sudah dibaca, sebelum penerima mengirim pesan balasan. Cukup sulit rasanya untuk mengetahui status pesan apakah sudah dibaca atau belum bila fitur tersebut dinonaktifkan.

Lantas, bagaimana cara mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca atau belum saat penerima pesan menonaktifkan centang biru?

Sebenarnya ada trik atau cara khusus untuk mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca tapi tidak centang biru.

Baca juga: 6 Ciri-ciri WhatsApp Disadap serta Cara Mengatasinya

Namun, cara ini tidak bisa untuk mengetahui status pesan terbaca di kolom obrolan pribadi atau private chat. Pengirim yang ingin mengetahui status pesan terbaca tersebut bisa memanfaatkan fitur yang ada di grup WhatsApp.

Untuk lebih lengkapnya, simak cara mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca tapi tidak centang biru, sebagai berikut:

Mengetahui status pesan terbaca di grup WhatsApp

  • Buat grup WhatsApp dengan mengundang penerima pesan 
  • Pastikan penerima pesan yang ingin diketahui statusnya tergabung juga dalam grup tersebut
  • Kirim pesan di grup tersebut
  • Tunggu beberapa saat, ketuk dan tahan pesan yang tadi telah terkirim, lalu klik opsi “Info”
  • Pada opsi itu, bakal tampil seluruh pengguna di grup yang telah membaca pesan tersebut.
  • Anda juga bisa melihat apakah penerima pesan yang ingin diketahui statusnya telah membaca kiriman di grup tadi.

Ilustrasi cara mengetahui pesan WhatsApp terbaca meski centang biru dimatikan lewat grup KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengetahui pesan WhatsApp terbaca meski centang biru dimatikan lewat grup

Melalui grup WhatsApp, pengirim bakal bisa melihat informasi status pesan terbaca dari semua penerima, walau mereka menonaktifkan fitur centang biru.

Baca juga: 6 Fitur Tersembunyi WhatsApp Web yang Jarang Diketahui, Sudah Coba?

Sejauh ini, untuk mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca tapi tidak centang biru, hanya bisa dilakukan dengan cara di atas. Itulah cara mengetahui pesan WhatsApp sudah dibaca tapi tidak centang biru, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com