Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fitur Baru yang Segera Hadir di WhatsApp

Kompas.com - 15/04/2022, 12:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain mempersiapkan fitur Community untuk menggabungkan grup-grup kecil dalam sebuah grup besar, WhatsApp juga mengonfirmasi bahwa pihaknya akan segera merilis empat fitur baru di dalam percakapan grup.

Product Manager WhatsApp, Jyoti Sood mengatakan bahwa keempat fitur tersebut mencakup Reactions, panggilan grup lebih besar hingga 32 peserta, berbagi file hingga 2 GB, dan admin grup yang bakal bisa menghapus chat peserta di dalam grup.

"Selain menguji coba fitur Community, kami juga bakal menghadirkan sejumlah fitur baru untuk meningkatkan pengelaman percakapan di dalam grup," ujar Sood dalam sebuah acara virtual kepada KompasTekno, Rabu (13/4/2022).

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Tab Komunitas, Apa Fungsinya?

Reactions

Seperti namanya, Reactions memungkinkan seluruh anggota grup memberikan emoticon yang sesuai terhadap sebuah pesan yang dikirimkan anggota lainnya. Sood tidak menyebutkan emoticon apa saja yang bisa digunakan pengguna.

Namun dalam sebuah postingan Twitter dengan handle @wcathcart, Head of WhatsApp, Will Cathcart menyebut bahwa pengguna bakal bisa memakai enam emoticon mencakup emoticon "jempol", "suka/hati", "tertawa", "kaget", "sedih", dan "bersyukur".

Fitur Reactions sendiri sudah menjadi rumor selama beberapa waktu belakangan. Fitur ini dijanjikan bakal hadir di seluruh percakapan WhatsApp termasuk percakapan pribadi, tidak hanya percakapan grup.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Emoji Reactions ala Facebook dan Instagram

Telepon 32 orang dalam grup

Beralih ke fitur lainnya, fitur "32 Person Audio Calls" memungkinkan pengguna yang tergabung dalam satu grup melakukan panggilan telepon hingga maksimal 32 orang.

Tidak hanya memperbanyak jumlah peserta telepon grup, WhatsApp juga merombak desain panggilan audio. Jika dilihat, desainnya agak sedikit mirip dengan antarmuka Zoom dalam mode "view gallery".

Fitur panggilan suara dengan lebih banyak peserta, yakni hingga 32 orang.Times Now News Fitur panggilan suara dengan lebih banyak peserta, yakni hingga 32 orang.

Baca juga: Cara Gabung Panggilan Grup WhatsApp yang Tak Terjawab

Kirim file ukuran besar hingga 2 GB

Fitur "File Sharing Up to 2 GB" sendiri memungkinkan pengguna mengirimkan dokumen berukuran lebih besar hingga 2 GB di dalam grup.

Ukuran ini jauh lebih besar dibanding pembatasan ukuran file saat ini yang hanya mentok di 100 MB. 

Baca juga: WhatsApp Bakal Bisa Kirim File 2 GB, Sebelumnya Cuma 100 MB

Admin bisa hapus chat anggota grup

Sementara itu fitur "Admin Delete" memungkinkan admin dalam sebuah grup menghapus berbagai pesan berbahaya atau bermasalah yang dikirimkan oleh anggota grup ke dalam grup tersebut.

Sood memastikan bahwa fitur-fitur ini bakal hadir di WhatsApp dalam beberapa waktu ke depan. Tidak disebutkan kapan waktu rincinya, yang jelas semuanya bakal bisa dipakai pengguna sebelum fitur Community hadir.

"Keempat fitur baru ini rencananya bakal digelontorkan secara bertahap dalam beberapa minggu hingga bulan ke depan sebelum fitur Community diluncurkan," katanya.

"Dengan begitu, pengguna dapat mulai menggunakan fitur-fitur tersebut ketika nantinya grup-grup mereka digabungkan dalam satu wadah melalui fitur Community," pungkas Sood.

Baca juga: WhatsApp Uji Coba Fitur Komunitas, Kapan Meluncur?

Kemungkinan, fitur-fitur baru WhatsApp ini akan segera hadir dalam waktu dekat. Sebab, situs resmi WhatsApp telah memperbarui informasi seputar fitur tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com