Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Uji Coba Tombol Dislike di Kolom Komentar

Kompas.com - 16/04/2022, 17:01 WIB
Bernad Adi Pramudita,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - TikTok diketahui sedang menguji salah satu fitur barunya, yakni tombol dislike (tidak suka) di kolom komentar sebuah video/konten.

Pengguna bisa menyatakan ketidaksetujuannya terhadap sebuah komentar, dengan tombol tersebut. Tombol dislike juga berfungsi untuk pengguna yang merasa bahwa sebuah komentar tidak layak atau tidak pantas.

"Kami sedang menjalankan sebuah uji coba agar pengguna bisa menilai apakah sebuah komentar tidak layak dan tidak pantas dengan tombol tersebut," ujar TikTok dikutip KompasTekno dari laman resmi perusahaan, Sabtu (16/4/2022).

Baca juga: TikTok Mungkinkan Pengguna Bikin Efek Video AR Sendiri

TikTok baru menguji fitur ini ke beberapa pengguna saja. Perusahaan juga menyebut kehadiran tombol baru ini untuk membuat pengguna merasa memiliki kendali terhadap komentar yang mereka baca.

Seorang pengguna TikTok yang kebagian tombol dislike, membagikan tampilan fitur baru tersebut di Twitter.

Dalam foto yang dibagikan itu, tombol dislike terlihat memiliki ikon ibu jari ke bawah. Letak posisi tombol tersebut berada di sebelah kanan penghitung jumlah like pada komen.

Berbeda dengan tombol dislike milik YouTube, TikTok membuat jumlah dislike tidak terlihat. Perusahaan mengatakan hanya mereka yang memberikan jempol ke bawah yang dapat melihat berapa jumlah dislike sebuah komentar.

"Untuk menghindari perasaan ketidak-enakan, permusuhan, dan menurunkan semangat pembuat konten dalam berkreasi," kata perusahaan.

Baca juga: Pendiri YouTube Protes Jumlah Dislike Disembunyikan

Ini menjadi kali pertama bagi pengguna TikTok untuk memberikan ulasan negatif, dengan memberi tombol dislike pada sebuah komentar, meski komentar tidak menyalahi aturan yang ada.

Pengguna juga sebelumnya sudah diberikan fitur oleh TikTok untuk menunjukan ketidak-sukaan pengguna terhadap sebuah video, dengan menekan layar sedikit lebih lama ketika video tersebut sedang diputar, kemudian pilih not interested.

Pengguna juga sebelumnya sudah bisa melaporkan komentar yang ada di dalam video dengan menekan layar lebih lama pada komentar yang ingin dilaporkan, kemudian pilih Report atau laporkan.

Baca juga: Twitter Sebar Tombol Downvote ke Semua Negara, Termasuk Indonesia

TikTok juga tidak menyebut kapan fitur tombol dislike ini akan diluncurkan secara umum. Perusahaan juga belum memastikan apakah nantinya tombol ini akan benar-benar dirilis di aplikasi atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com