Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alternatif Aplikasi Pengolah Kata Selain Microsoft Word

Kompas.com - 17/04/2022, 13:01 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Aplikasi pengolah kata merupakan aplikasi komputer yang digunakan untuk menyusun, menyunting, memformat, segala jenis dokumen atau gambar. Beberapa aplikasi kata yang biasa kita gunakan umumnya adalah Microsoft Word.

Microsoft Word jadi salah satu aplikasi pengolah kata yang sering digunakan pengguna untuk menyusun berbagai dokumen dan file tertentu. Namun tahukah Anda selain Microsoft Word, terdapat beberapa alternatif aplikasi pengolah kata alternatif yang juga memiliki fungsi serupa.

Apa sajakah itu? Berikut ini KompasTekno rangkum lima alternatif aplikasi pengolah kata selain Microsoft Word.

Baca juga: 2 Cara Menghapus Halaman Kosong di Microsoft Word dengan Mudah

Google Docs

Ilustrasi dark mode di Google Docs, Sheets, dan Slides.Gadgets NDTV Ilustrasi dark mode di Google Docs, Sheets, dan Slides.

Google Docs menjadi alternatif pengolah kata yang memiliki fungsi dasar seperti Microsoft Word. Google Docs merupakan salah satu produk dari Google yang dapat diakses dengan mudah oleh setiap pengguna yang memiliki akun Google.

Artinya, setiap orang yang membuat akun Google akan selalu terintegrasi secara otomatis dengan Google Docs dan berbagai produk Google lainnya. 

Tampilan Google Docs lebih sederhana dan terintegrasi dengan Google Drive sehingga seluruh dokumen akan disimpan di penyimpanan cloud Google Drive.

Karena seluruh file akan tersimpan otomatis di Google Drive, maka pengguna tidak perlu khawatir terlupa menyimpan maupun kehilangan file.

Google Docs juga mendukung format .doc dan .docx sehingga pengguna tidak kesulitan jika ingin mengimpor file dari Microsoft Word. Aplikasi pengolah kata ini juga lebih mudah dibagikan ke sesama pengguna Google sehingga lebih memudahkan dalam mengedit.

Google Docs dapat diakses melalui aplikasi di unduh melalui Play Store atau App Store maupun lewat PC.

Baca juga: Cara Mengetik dengan Suara atau Voice Typing di Google Docs

WPS Writer

WPS WriterWPS WPS Writer

WPS Writer memiliki fitur serupa dengan Microsoft Word dan dapat menyimpan dokumen dengan berbagai format. Sama seperti Microsoft Word, WPS Writer tidak bisa mudah digunakan dengan kolaborasi bersama layaknya Google Docs.

WPS Writer dapat digunakan secara gratis maupun berbayar. Untuk mengunduh aplikasi pengolah kata WPS Writer di Windows dapat menuju tautan berikut ini. Untuk Anda yang lebih nyaman menggunakan WPS Writer di ponsel, aplikasi ini dapat diunduh di toko aplikasi Play Store atau App Store.

Apache OpenOffice Writer

OpenOfficewiki open office OpenOffice

Apache OpenOffice Writer memiliki tampilan tata letak klasik layaknya Microsoft Office 2003. Memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft Word, OpenOffice cocok digunakan bagi Anda yang menginginkan tampilan word yang sedikit berbeda dari tampilan aplikasi pengolah kata saat ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com