Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A73 5G Meluncur di Indonesia dengan Kamera 108 MP, Ini Harganya

Kompas.com - 18/04/2022, 15:15 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada pertengahan Maret lalu, Samsung diam-diam memperkenalkan ponsel Galaxy A73 5G secara global melalui situs web perusahaan.

Tak perlu menunggu lama, kini, Samsung resmi memboyong ponsel Galaxy A73 5G ke pasar Indonesia, Senin (18/4/2022). Ponsel ini merupakan suksesor dari Galaxy A72 yang dijual di Tanah Air pada Maret 2021.

"Galaxy A73 5G didesain untuk 'Generasi Awesome' yang gemar melakukan berbagai aktivitas digital, mulai di bidang gaming, musik, food, dan lainnya," kata Ricky Bunardi, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia (SEIN), dalam acara peluncuran, Senin siang.

Samsung Galaxy A73 5G ini dibekali dengan sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya. MX Product Marketing Manager SEIN, Taufiq Furqan mengatakan, peningkatan paling signifikan terletak di sisi kamera utamanya. 

Kali ini, Galaxy A73 5G dibekali dengan empat kamera belakang, kamera utamanya adalah 108 MP (f/1.8).

Baca juga: Samsung Mulai Jual Galaxy S21 Versi Rekondisi, Ini Harganya

"Kamera 108 MP ini merupakan yang pertama kali ada di Galaxy A series. Sebelumnya, sensor 108 MP hanya ada di seri Galaxy Ultra," kata Taufiq dalam acara yang sama.

Menurut Taufiq, kamera belakang 108 MP pada ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) dan Video Digital Image Stabilization (VDIS). Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengambil foto dan video dengan tajam dan stabil.

Kamera belakang 108 MP itu ditemani dengan tiga kamera lainnya, yaitu kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

 MX Product Marketing Senior Manager SEIN Ricky Bunardi (kiri) dan MX Product Marketing Manager SEIN, Taufiq Furqan (kanan) di acara peluncuran Samsung Galaxy A73 5G di Indonesia, Senin (18/4/2022).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto MX Product Marketing Senior Manager SEIN Ricky Bunardi (kiri) dan MX Product Marketing Manager SEIN, Taufiq Furqan (kanan) di acara peluncuran Samsung Galaxy A73 5G di Indonesia, Senin (18/4/2022).
Spesifikasi Samsung A73 5G

Untuk spesifikasinya, Samsung A73 5G dibekali dengan layar Super AMOLED Plus berukuran 6,7 inci dengan resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, serta tingkat kecerahan maksimum (brightness) 800 nits.

Layar ini juga sudah dilindungi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5.

Panel Super AMOLED Plus di ponsel ini juga sudah mendukung pemindai sidik jari di bawah layar alias in-display fingerprint scanner.

Layar berdesain infinity-O itu memiliki punch hole (lubang kecil) yang memuat kamera depan 32 MP (f/2.2).

Di sektor dapur pacu, ponsel ini diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 778G yang dibangun dengan fabrikasi 6nm.

Baca juga: Ini Tiga Perbedaan Utama Samsung Galaxy A33 dan Galaxy A53

Chipset ini dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan media 256 GB. Bila dirasa kurang, kapasitas RAM maupun penyimpanan media pada ponsel ini masih dapat ditambah.

Untuk RAM, kapasitasnya bisa ditambah hingga 8 GB melalui fitur RAM Plus. Sehingga, total RAM yang bisa dinikmati pemilik Galaxy A73 5G adalah 16 GB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com