Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi SMS Milik Google Bikin Ponsel Panas dan Baterai Cepat Habis?

Kompas.com - 21/04/2022, 14:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi pesan singkat (SMS) milik Google yang bernama Messages terpasang di banyak ponsel Android secara sistem.

Namun, aplikasi tersebut dikabarkan memiliki masalah atau bug yang bisa meningkatkan suhu ponsel dan menguras baterainya.

Hal ini mencuat berkat sebuah thread diskusi di situs forum online Reddit yang mengatakan bahwa aplikasi Messages terus berjalan di background ponsel sembari membuka akses kamera secara diam-diam.

Konon, masalah tersebut disebabkan oleh sistem komunikasi antar aplikasi Messages dan Kamera yang tidak berfungsi dengan baik.

Baca juga: Aplikasi Chat Google Allo Resmi Ditutup Selamanya

Diketahui, selain mengirimkan SMS, aplikasi Messages juga bisa mengirimkan foto yang bisa diambil lewat galeri ponsel atau dari aplikasi kamera secara langsung.

Aplikasi kamera sendiri akan terbuka secara otomatis ketika pengguna hendak mengirimkan SMS ke pengguna lainnya dan mengeklik ikon "kamera" di tampilan jendela percakapan.

Adapun bug ini sendiri, menurut sejumlah pengakuan pengguna di thread Reddit tadi, akan berjalan tanpa pengguna perlu mengeklik ikon kamera. Artinya, masalah ini bakal muncul ketika aplikasi Messages pertama kali dibuka.

Tidak disebutkan apakah bug ini melanda aplikasi Messages di semua perangkat Android atau tidak. Sebab, thread di Reddit tadi memang hanya membahas tentang ponsel Google Pixel 6 saja, termasuk aplikasi yang berjalan di perangkat tersebut.

Baca juga: Hati-hati Menghapus Aplikasi SMS di Xiaomi Mi A1

Menjangkit semua ponsel Android?

Pantauan KompasTekno di aplikasi Messages di Galaxy S22 Ultra dan Xiaomi 12 Pro sendiri, Kamis (21/4/2022), bug yang bisa bikin ponsel panas dan boros baterai ini tampaknya tidak ditemukan.

Untuk memastikan hal tersebut, KompasTekno memantau riwayat penggunaan aplikasi di laman penggunaan aplikasi (usage), izin akses aplikasi (permission).

Hasilnya, kami melihat bahwa aplikasi Messages tidak menggunakan aplikasi kamera di saat atau waktu yang sama ketika kami mengakses laman perizinan.

Ilustrasi aplikasi Messages yang tidak mengakses aplikasi kamera apabila tidak dibuka.KOMPAS.com/Bill Clinten Ilustrasi aplikasi Messages yang tidak mengakses aplikasi kamera apabila tidak dibuka.

Di laman "Usage history" di Galaxy S22 Ultra yang diakses pada pukul 09.21 seperti gambar di atas, misalnya, terlihat bahwa aplikasi kamera dipakai aplikasi Messages pada pukul 08.31, saat di mana kami membuka aplikasi Messages.

Baca juga: SMS Ucapan Selamat Natal Pertama di Dunia Laku Terjual Rp 1,7 Miliar

Seharusnya, apabila ada bug tadi, Messages akan menunjukkan informasi bahwa aplikasi tersebut mengakses kamera pada waktu yang sama ketika kami mengakses laman "Usage history", yaitu pukul 09.21.

Hal serupa juga bisa dilihat di laman perizinan aplikasi kamera di Xiaomi 12 Pro, di mana aplikasi Messages mengakses kamera pada pukul 09.17. Padahal, kami mengakses laman perizinan ini pada pukul 09.22.

Cara membatasi akses izin aplikasi SMS

Nah, seperti disebutkan di atas, belum diketahui apakah bug ini melanda sejumlah perangkat lain di samping Galaxy S22 Ultra dan Xiaomi 12 Pro yang kami jajal atau tidak.

Namun apabila pengguna ingin lebih aman, mereka bisa membatasi aplikasi Messages untuk mengakses kamera hanya ketika aplikasi SMS tersebut dibuka dengan cara memilih opsi "Allow only whyle using the app".

Baca juga: Cara Backup Pesan SMS di Smartphone Android

Selain itu, pengguna juga bisa memblokir aplikasi Messages mengakses aplikasi kamera sepenuhnya dengan memilih opsi "Don't Allow".

Adapun opsi-opsi tersebut biasanya bisa dipilih dan diakses di menu "Settings" > "Apps > pilih aplikasi "Messages" > "Permissions" > dan "Camera", sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Langkah untuk melarang aplikasi Messages mengakses aplikasi kamera.KOMPAS.com/Bill Clinten Langkah untuk melarang aplikasi Messages mengakses aplikasi kamera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com