Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meta: Butuh 10 Tahun untuk Mewujudkan Metaverse

Kompas.com - 22/04/2022, 08:08 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak akhir tahun 2021 lalu, Meta Platform Inc. (dulu Facebook Inc.) mengungkapkan bahwa metaverse adalah salah satu prioritas perusahaan di masa mendatang.

Metaverse sendiri adalah konsep yang memungkinkan setiap orang untuk berinteraksi, bekerja, bermain game, dan melakukan hal lainnya di lingkungan virtual. Di metaverse, setiap orang bakal direpresentasikan dalam bentuk avatar 3D yang unik.

Untuk mewujudkan ambisinya itu, Meta sudah mulai mengembangkan perangkat keras dan lunak (hardware dan software) demi metaverse. Namun, nyatanya, mewujudkan metaverse tak semudah membalikkan telapak tangan.

Baca juga: Ketika Metaverse Jadi Tempat yang Berbahaya untuk Anak...

Executive Producer Meta, Ruth Bram, mengatakan bahwa setidaknya dibutuhkan waktu lima hingga sepuluh tahun atau satu dekade untuk benar-benar mewujudkan metaverse.

Waktu tersebut dibutuhkan untuk mengembangkan software dan hardware pendukung dunia virtual baru yang digadang-gadang menjadi generasi berikutnya dari internet.

"Masih banyak yang harus dikerjakan, baik dari aspek hardware maupun software. Dan mungkin perlu waktu lima hingga sepuluh tahun untuk mewujudkannya sepenuhnya," kata Bram saat berbicara di acara virtual Meta Quest Gaming Showcase 2022, Rabu (20/4/2022).

Mark Zuckerberg berjalan di tengah jurnalis yang mengenakan headset VR Oculus.Facebook. Mark Zuckerberg berjalan di tengah jurnalis yang mengenakan headset VR Oculus.
Dari segi hardware, metaverse memang akan sangat mengandalkan perangkat Virtual Reality (VR) karena teknologi ini mampu menciptakan dunia simulasi 3D.

Simulasi ini bisa mirip seperti dunia nyata atau dunia imajinasi sekalipun. VR dapat membawa pemandangan, suara, dan sensasi lainnya lewat perangkat seperti kacamata dan headset.

Meta sendiri saat ini memiliki perangkat VR bernama Oculus Quest. Sebelumnya, Meta dirumorkan akan memperkenalkan perangkat VR baru dengan nama kode Project Cambria atau disebut juga Oculus Quest Pro di acara virtual Meta Quest Gaming Showcase 2022.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari DigitalTrends, Jumat (22/4/2022), perangkat tersebut disebut sempat dipamerkan oleh CEO Meta Marz Zuckerberg dan dibocorkan oleh sejumlah analis kondang.

Menurut rumor yang berkembang, VR Oculus Quest Pro berbentuk seperti helm setengah lingkaran. Di bagian depannya terdapat kacamata yang digunakan untuk mengakses dunia virtual.

Baca juga: Pendiri Facebook Bikin Pantai di Metaverse, Cuma Pakai Voice Command

Namun, rumor itu tak akurat. Pasalnya, selama acara berlangsung, Meta tak memperkenalkan perangkat apapun, termasuk VR Project Cambria seperti yang dirumorkan.

Selama acara virtual Meta Quest Gaming Showcase 2022, Meta hanya memberikan pratinjau soal deretan game yang dijadwalkan akan dirilis sepanjang tahun ini.

Kembangkan sarung tangan haptic

Pada November 2021, Zuckerberg juga sempat memamerkan purwarupa (prototype) sarung tangan canggih dengan teknologi haptic, lewat akun Instagram pribadinya.

Itu menandakan bahwa Meta sedang mengembangkan perangkat keras (hardware) penunjang metaverse.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com