BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Anti-Mati Gaya, Berikut 4 Hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Lebaran dengan Smartphone

Kompas.com - 25/04/2022, 14:01 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.comLebaran tinggal menghitung hari. Jelang Hari Raya Idul Fitri, segala persiapan sudah mulai dilakukan untuk merayakan hari besar umat Islam tersebut, seperti membeli pakaian spesial, menyiapkan makanan, serta merencanakan kegiatan bersama keluarga dan kerabat.

Idul Fitri tahun ini juga bakal terasa spesial. Pasalnya, setelah dua tahun dirayakan dalam situasi pembatasan social akibat pandemi Covid-19, pemerintah akhirnya membolehkan aktivitas mudik atau tatap muka.

Untuk merayakan momen spesial tersebut, Kompas.com rangkumkan empat kegiatan seru yang bisa dilakukan selama Lebaran bersama kerabat hanya bermodal smartphone. Apa saja? Simak ulasan berikut.

1. Bersilaturahmi dengan panggilan video

Panggilan video atau video call sudah bukan hal asing lagi bagi masyarakat. Pasalnya, selama dua tahun menjalani pembatasan sosial, cara berkomunikasi tersebut sudah umum digunakan dalam berbagai kesempatan, seperti bekerja, belajar, dan bersilaturahmi.

Meski tahun ini pemerintah sudah membolehkan pertemuan tatap muka saat Lebaran, panggilan video tetap bisa menjadi cara terbaik untuk menyambung silaturahmi dengan keluarga, terutama yang berada di luar kota. Pasalnya, panggilan video bisa dilakukan dengan banyak orang sekaligus dalam satu waktu.

Baca juga: 5 Fitur Unggulan Oppo Reno7 5G dan Reno7 Z 5G, Tidak Cuma Kamera

Oleh karena itu, pada Lebaran kali ini, atur jadwal untuk melakukan video call dengan keluarga besar, misalnya selepas salat Idul Fitri. Setelah beramah-tamah dan saling memohon maaf, jangan lupa melakukan foto bersama dengan cara screenshot.

Hasil screenshot tersebut bisa menjadi dokumentasi untuk dikenang pada masa mendatang.

2. Mengabadikan foto keluarga saat Lebaran

Usai video call bersama keluarga besar, kini saatnya abadikan keluargamu dengan berfoto. Selain jadi dokumentasi, hasil foto ini bisa juga digunakan sebagai pelengkap kartu ucapan Lebaran yang bisa kamu bagikan kepada kolega melalui aplikasi pesan singkat.

Abadikan momen berkumpul bersama keluarga dengan smartphone terkini. DOK. Oppo Indonesia. Abadikan momen berkumpul bersama keluarga dengan smartphone terkini.

Meski terkesan simpel, foto keluarga yang bagus terkadang susah didapat. Untuk itu, lakukan sejumlah persiapan agar foto yang dihasilkan kece. Sebagai contoh, siapkan konsep foto, tentukan dress code, serta pilih lokasi terbaik.

Jangan lupa maksimalkan fitur-fitur fotografi terkini yang ada pada kamera smartphone agar hasil yang didapat semakin bagus.

3. Buat video menarik bersama kerabat

Bila kamu berencana berwisata bersama keluarga saat Lebaran, dokumentasi berupa video jadi opsi menarik untuk dimiliki. Pasalnya, video memiliki kelebihan untuk menangkap momen secara lebih lengkap dan jelas ketimbang foto. Hal unik saat berwisata pun bisa terekam dengan lebih baik.

Baca juga: Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo Reno7 Z 5G

Hasil videonya, baik video lanskap maupun potret, juga bisa kamu unggah di sejumlah media sosial. Apalagi, hanya menggunakan kamera smartphone, kamu sudah bisa menggunakan video artsy ala kamera profesional, misalnya video dengan konsep bokeh.

4. Gaming bersama kerabat

Aktivitas berikutnya yang bisa kamu dan kerabat lakukan adalah gaming. Seperti diketahui, main bareng (mabar) game online punya keseruan ketimbang bermain sendiri.

Kamu dan kerabat bisa berteriak bersama bila ada musuh yang tiba-tiba muncul atau sekadar mengomunikasikan strategi agar bisa memenangkan game.

Karena hal tersebut, aktivitas mabar pun dapat mempererat hubunganmu dan kerabat. Apalagi, kamu dan kerabat memang jarang bertemu, jadi maksimalkan aktivitas mabar untuk menjalin kedekatan.

Smartphone terkini dapat melibas game mobile kekinian tanpa hambatan. (DOK. Oppo Indonesia). Smartphone terkini dapat melibas game mobile kekinian tanpa hambatan.

Ada beragam game yang dapat dimainkan. Sebut saja, Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor (AOV), PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), serta Free Fire. Pilih game yang kamu dan kerabat kuasai agar mabar semakin seru.

Itulah empat aktivitas seru yang bisa dilakukan agar Lebaran tidak mati gaya. Agar empat aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan baik, gunakan smartphone yang memiliki spesifikasi mumpuni, baik untuk memotret, merekam video, video call, maupun gaming, seperti Oppo Reno7 Z 5G.

Smartphone terbaru dari Oppo tersebut sudah dilengkapi dengan kamera depan beresolusi 16 megapiksel (MP) dengan aperture sebesar F2.4 serta sudah didukung jaringan 5G. Kamu pun bisa melakukan video call dengan lancar dan jernih.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Oppo Reno7 Z 5G di Indonesia

Untuk memotret atau merekam video, Oppo Reno7 Z 5G juga dapat diandalkan. Pasalnya, smartphone ini ditunjang kamera utama 64 MP, kamera bokeh 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Belum lagi fitur-fitur fotografi dan videografi yang bakal membuat foto dan video makin menawan.

Untuk foto, Oppo Reno7 Z 5G punya fitur Bokeh Flare Portrait, Selfie HDR, dan AI Color Portrait. Bokeh Flare Portrait menawarkan fitur portrait kelas profesional melalui efek bokeh yang estetik layaknya menggunakan kamera digital single lens reflex (DSLR).

 Hasil Foto OPPO Reno7 Z 5G. DOK. Oppo Indonesia. Hasil Foto OPPO Reno7 Z 5G.

Untuk memanjakan pecinta selfie, Oppo menyertakan fitur Selfie HDR pada Reno7 Z 5G. Fitur ini dapat menghasilkan foto selfie yang jernih pada lingkungan minim cahaya atau berlebihan.

Selanjutnya, fitur AI Color Portrait. Fitur ini mampu menghasilkan foto menawan. Warna pada subyek foto akan dipertahankan, sedangkan latar belakang dibuat hitam putih atau monokrom.

Kemampuan mengambil video Oppo Reno7 Z 5G juga terbilang bagus. Smartphone tersebut bisa merekam video dengan kualitas 1.080p dan 720p serta 60 fps dan 30 fps.

Oppo Reno7 Z 5G juga sudah dibekali fitur videografi kelas profesional. Sebagai contoh, AI Highlight Video dapat menangkap gambar lebih detail dan menyeimbangkan cahaya pada video tanpa mengurangi detail pada background.

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir bila video diambil pada lingkungan yang terlalu terang atau gelap.

Guna menunjang kinerja, smartphone tersebut sudah dibekali dapur pacu terbaik di kelasnya. Bahkan, Oppo Reno7 Z 5G bisa digunakan untuk memainkan sejumlah game berat.

Untuk dapur pacu, Oppo Reno7 Z 5G menggunakan prosesor terbaru Snapdragon 695 5G. Prosesor itu kompatibel dengan jaringan 5G di Indonesia, terutama pada dukungan band N1, N3 dan N40.

Chipset itu sudah dilengkapi random access memory (RAM) berkapasitas 8 GB dengan opsi ekspansi hingga 5 GB serta kapasitas penyimpanan data internal (ROM) 128 GB.

Tampilan layar Oppo Reno7 Z 5G juga sudah jernih. Sebab, ponsel ini punya layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus. Spesifikasi layar tersebut membuat aktivitas bermain game serta menonton film menjadi lebih jelas dan puas.

Oppo Reno7 Z 5G. DOK. Oppo Indonesia. Oppo Reno7 Z 5G.

Oppo melengkapi Reno7 Z 5G dengan baterai berkapasitas 4.500 miliampere per hour (mAh). Baterainya sudah dibekali teknologi pengisian daya supercepat 33 W SuperVOOC. Fitur ini membuat pengguna mampu mengisi baterai dari posisi kosong sampai penuh dalam waktu 63 menit.

Tak hanya unggul dari segi spesifikasi dan fitur, Oppo Reno7 Z 5G juga memiliki bodi yang menawan dan estetis. Hal ini berkat desain Oppo Glow yang terlihat elegan. Smartphone ini juga sudah dibekali fitur antigores dan noda sidik jari.

Sebagai informasi, Oppo Reno7 Z 5G bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 5.999.000 di jaringan Oppo Store dan partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia, baik offline maupun online. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno7 Z 5G, kamu bisa klik tautan ini.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com