Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Cek Rest Area Terdekat buat Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 27/04/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pemudik via jalur darat menggunakan kendaraan pribadi, salah satu masalah yang umum dijumpai adalah kelelahan. Mudik Lebaran dengan rute perjalanan yang cukup jauh, menyebabkan kelelahan di tengah jalan itu mungkin terjadi.

Bila lelah melanda, sebaiknya pemudik mengistirahatkan badan dulu untuk beberapa saat sebelum melanjutkan perjalanan lagi. Biasanya, terdapat pos istirahat atau rest area untuk perjalanan mudik Lebaran yang disiapkan oleh beberapa pihak.

Baca juga: Kapan Mengisi e-HAC sebagai Syarat Mudik Lebaran 2022?

Rest area itu umumnya tersedia di beberapa titik pada ruas jalan yang kerap dilintasi oleh pemudik. Untuk mencari rest area, kini tidaklah sulit. Pemudik bisa memanfaatkan aplikasi di ponsel untuk cek rest area terdekat.

Jika nanti Anda melangsungkan mudik Lebaran, berikut merupakan tiga cara cek rest area terdekat.

1. Cara cek rest area terdekat lewat Google Maps

Ilustrasi cara cek rest area terdekat via Google MapsKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek rest area terdekat via Google Maps

Google Maps merupakan aplikasi dengan fitur utama peta dan navigasi atau penunjuk arah. Bagi sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan aplikasi besutan Google ini.

Direktori lokasi yang tersedia di Google Maps cukup lengkap. Dengan Google Maps, Anda bisa mencari rest area terdekat dengan lokasi saat ini. Cara cek rest area terdekat di Google Maps cukup mudah.

Buka aplikasi Google Maps di ponsel, pastikan izin akses fitur Lokasi telah diaktifkan. Kemudian, pada kolom pencarian ketik “Rest Area” dan Google Maps bakal langsung menunjukkan beberapa titik pos peristirahatan terdekat yang bisa dikunjungi.

Anda bisa melihat ulasan maupun foto dari lokasi rest area tersebut sebelum memutuskan untuk mengunjunginya. Aplikasi Google Maps bisa diunduh di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

2. Cara cek rest area terdekat lewat Waze

Ilustrasi cara cek rest area terdekat via WazeKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek rest area terdekat via Waze

Cara cek rest area terdekat juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur pada aplikasi Waze. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang sama seperti Google Maps, yakni menyediakan layanan peta dan navigasi.

Waze juga memilih direktori lokasi yang cukup lengkap, termasuk rest area. Mencari rest area lewat Waze juga cukup mudah. Caranya cukup buka aplikasi Waze di ponsel dan ketik “Rest Area” di kolom pencarian.

Setelah itu, Waze bakal menampilkan beberapa titik lokasi rest area terdekat yang dapat dikunjungi. Anda pun bisa membaca informasi mengenai rest area tersebut di aplikasi Waze dengan mengetuk opsi “Info”.

Bila ingin menggunakan Waze untuk mencari rest area terdekat, silakan unduh di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

3. Cara cek rest area terdekat lewat Travoy

Ilustrasi cara cek rest area terdekat via TravoyKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek rest area terdekat via Travoy

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com