Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Melihat Jalan Macet saat Mudik Lebaran 2022 via Google Maps dan Waze

Kompas.com - 27/04/2022, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Kemacetan lalu lintas di beberapa ruas jalan pada saat mudik Lebaran 2022 sangat mungkin terjadi, mengingat banyaknya jumlah kendaraan yang melintas. Perjalanan mudik mungkin bisa jadi terasa menjemukkan bila harus menjumpai kemacetan jalan.

Untuk menghindari persoalan ini, Anda bisa memanfaatkan fitur dari aplikasi ponsel Google Maps dan Waze yang bisa menampilkan kemacetan jalan. Dengan demikian, Anda bisa memilih rute lain dengan kondisi arus lalu lintas yang lebih longgar.

Baca juga: 9 Tips Menghemat Baterai HP saat Mudik Lebaran 2022

Cara mengetahui macet pada ruas jelas di Google Maps dan Waze cukup mudah, Anda hanya perlu memastikan ponsel terhubung dengan koneksi internet terlebih dahulu.

Selanjutnya, aplikasi tersebut bakal menampilkan peta yang dilengkapi dengan kondisi arus lalu lintas pada beberapa ruas jalan. Sudah penasaran dengan bagaimana cara melihat jalan macet di Google Maps dan Waze? Simak penjelasannya di bawah ini.

Cara mengetahui jalan macet di Google Maps

Ilustrasi warna jalan di Google Maps. (1) Jalan warna merah, (2) jalan warna hijau, dan (3) jalan warna kuningKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi warna jalan di Google Maps. (1) Jalan warna merah, (2) jalan warna hijau, dan (3) jalan warna kuning

Google Maps merupakan aplikasi peta dan navigasi dengan direktori jalan yang cukup lengkap, termasuk kondisi lalu lintas di dalamnya. Google Maps dapat menampilkan kondisi kemacetan lalu lintas yang terjadi di ruas-ruas jalan.

Pada peta yang disajikan Google Maps, terdapat tiga warna jalan yang menunjukkan kondisi lalu lintas, meliputi jalan warna merah, kuning, dan hijau. Jalan warna merah untuk menunjukkan kondisi lalu lintas macet.

Jalan warna kuning untuk menunjukkan kondisi lalu lintas cukup macet, tapi masih terdapat jarak antar kendaraan. Sedangkan jalan warna hijau, artinya kondisi lalu lintas lancar, tidak ada hambatan atau tidak terjadi kemacetan.

Dengan fitur tersebut, Anda bisa memanfaatkan Google Maps untuk melihat kemacetan lalu lintas pada jalan yang hendak dilewati saat mudik lebaran 2022. Cara mengetahui jalan macet di Google Maps itu cukup mudah, berikut penjelasannya.

  • Pertama, Anda harus memiliki aplikasi Google Maps di ponsel. Bila belum memilikinya, unduh dulu Google Maps di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).
  • Lalu, buka aplikasi tersebut dan pastikan Google Maps telah diizinkan untuk mengakses fitur Lokasi pada ponsel. Setelah Google Maps terbuka, pilih ikon persegi kecil yang muncul di bagian tampilan peta.
  • Setelah itu, pilih opsi jenis peta “Lalu Lintas”, Google Maps bakal menampilkan peta dengan informasi khusus kondisi lalu lintas di jalan.

Cara mengetahui jalan macet di Waze

Ilustrasi kondisi lalu lintas yang termuat di aplikasi WazeKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi kondisi lalu lintas yang termuat di aplikasi Waze

Sebagian dari Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan Waze. Aplikasi ini memiliki fitur utama yang mirip dengan Google Maps, yakni peta dan navigasi. Waze juga memiliki fitur yang bisa menampilkan kondisi lalu lintas di ruas-ruas jalan.

Kondisi lalu lintas di jalan pada aplikasi Waze ditandai dengan tiga warna, yakni jalan warna merah, kuning, dan abu-abu. Jalan warna merah artinya terjadi kemacetan. Jalan warna kuning menandakan kondisi lalu lintas cukup macet.

Sementara itu, jalan warna abu-abu artinya kondisi lalu lintas lancar atau tidak terjadi kemacetan. Aplikasi Waze bisa diunduh secara gratis di Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Adapun cara mengetahui jalan macet di Waze bisa dilakukan dengan langkah yang cukup sederhana, sebagaimana penjelasan yang tertera di bawah ini:

  • Buka aplikasi Waze di ponsel Anda
  • Pastikan izin akses fitur Lokasi untuk aplikasi waze telah diaktifkan
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil memuat peta
  • Terakhir, bila tampilan peta berhasil termuat maka kondisi arus lalu lintas pada beberapa ruas jalan bakal langsung muncul.

Baca juga: Cara Mengisi e-HAC untuk Mudik Lebaran 2022 dengan Kendaraan Pribadi

Setelah dapat melihat kemacetan jalan yang tengah terjadi via Google Maps atau Waze, Anda bisa memilih rute perjalanan lain yang lebih lancar. Itulah cara melihat kondisi jalan macet saat mudik Lebaran 2022, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com