Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Induk Perusahaan Snapchat Pamer Drone Mini Bernama Pixy

Kompas.com - 29/04/2022, 16:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Induk perusahaan media sosial Snapchat, Snap Inc., meluncurkan sebuah pesawat tanpa awak alias drone mini bernama Pixy. Pixy tampil mencolok dengan pilihan warna kuning yang serupa dengan logo Snapchat.

"Perkenalkan, Pixy, kamera terbang paling ramah di dunia. (Pixy) merupakan sahabat karib seukuran saku yang dapat terbang bebas mengarungi petualangan kecil dan besar," ungkap CEO Snap Evan Spegel dalam keynote Snap Partner Summit.

Seperti yang dijelaskan Spegel, drone satu ini memiliki ukuran selebar telapak tangan orang dewasa, cukup mungil sehingga dapat dimasukkan ke dalam saku.

Baca juga: Pemerintah Shanghai Gunakan Drone dan Robot Anjing untuk Imbau Warga Patuhi Lockdown

Untuk ukuran sebuah drone, Pixy tergolong ringan lantaran bobotnya yang hanya mencapai 101 gram, tidak lebih berat dari satu buah smartphone yang rata-rata beratnya lebih dari 150 gram.

Sebagai perbandingan, rata-rata berat drone komersil adalah lebih dari 1 kilogram.

Dari segi spesifikasi, Pixy dibekali satu buah kamera 12 MP yang mendukung perekaman video 2.7K pada frame rate hingga 30 fps.

Pixy dapat diaktifkan dengan menekan tombol power yang tersedia. Ada pula sebuah tombol khusus yang didedikasikan untuk memilih mode terbang.

Baca juga: Viral Video Mancing Ikan Pakai Drone gara-gara Lockdown

Drone yang satu ini menyediakan empat pilihan opsi penerbangan. Pixy dapat terbang melayang, mengelilingi, serta mengikuti pengguna yang sedang berjalan atau lari tanpa perlu dikendalikan menggunakan remote control.

Ketika hendak berhenti merekam, pengguna bisa meletakkan telapak tangan di bawah drone dan Pixy akan secara otomatis mendarat perlahan.

Hasil foto dan video yang diambil melalui Pixy dapat disunting menggunakan fitur editing seperti Hyperspeed, Bounce, Orbit 3D dan Jump Cut, sebelum bisa langsung dibagikan ke Snapchat atau media sosial lainnya.

Video yang direkam melalui drone Pixy akan secara otomatis ditransfer secara nirkabel ke ponsel pengguna dan secara default disimpan di Snapchat Memories.

Baca juga: Pria 71 Tahun Selamat dari Serangan Jantung Berkat Drone

Drone ini turut dilengkapi memori penyimpanan 16 GB yang diklaim mampu menampung 100 video atau 1.000 foto sekaligus. Berbeda dari drona pada umumnya, Pixy tidak mendukung kartu memori eksternal.

Aspek daya Pixy ditopang satu buah baterai replaceable yang mampu bertahan dalam lima hingga delapan kali sesi penggunaan, tergantung mode penerbangan yang dipilih.

Drone Pixy diklaim hanya membutuhkan waktu 40 menit untuk dapat mengisi daya baterai dari keadaan kosong hingga penuh.

Untuk kompatibilitas, Pixy sudah bisa digunakan pada perangkat iPhone 7 atau perangkat lain yang menjalankan sistem operasi iOS 14 atau yang lebih tinggi.

Baca juga: Jumlah Pengguna Harian Snapchat Tumbuh Pesat Dibanding Facebook dan Twitter

Selain bisa digunakan pada produk Apple, Pixy juga mampu mendukung perangkat berbasis OS Android 8.0 atau yang lebih baru.

Sebagai catatan, Pixy belum dilengkapi dengan kemampuan anti-air sehingga tidak disarankan untuk digunakan saat hujan.

Dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (29/4/2022), Pixy akan segera dipasarkan di AS dan Perancis dengan banderol 230 dolar AS atau sekitar Rp 3,3 juta.

Snap mengatakan bahwa Pixy akan dijual secara terbatas selama ketersediaan masih ada. Pernyataan tersebut mengindikasikan adanya kemungkinan Pixy tak lagi akan diproduksi setelah stok di pasaran habis.

Baca juga: Remaja AS Lebih Pilih Tiktok dan Snapchat ketimbang Instagram-Facebook

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com