Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Wilayah yang Tidak Bisa Menonton Siaran TV Analog Mulai Hari Ini Pukul 24.00 WIB

Kompas.com - 30/04/2022, 08:50 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah memastikan akan mematikan siaran TV analog di sejumlah wilayah secara bertahap mulai hari ini, Sabtu, 30 April 2022. Artinya, masyarakat di tiga wilayah tersebut tidak bisa menyaksikan televisi menggunakan antena TV biasa.

Sedikit berbeda dari rencana sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny G Plate mengumumkan hanya ada tiga wilayah yang tidak akan lagi bisa menyaksikan siaran TV analog.

Adapun penghentian siaran TV analog alias Analog Switch Off/ASO akan dimulai pada pukul 24.00 WIB dini hari nanti.

"Penghentian tetap siaran TV analog tahap pertama dimulai dari tiga wilayah siaran, yang berada di tiga provinsi dan di delapan kabupaten/kota," kata Johnny dalam konferensi pers bertajuk "Kick Off Analog Switch Off (ASO) Tahap 1", dipantau KompasTekno di saluran YouTube Kemkominfo TV, Jumat (29/4/2022).

Baca juga: Penghentian Siaran TV Analog Tahap I Dimulai di 3 Wilayah Mulai Besok, Ini Daftarnya

Lebih lanjut, Menkominfo merinci delapan kabupaten/kota di tiga provinsi yang siaran TV analognya akan dimatikan total pada 30 April 2022, mulai pukul 24.00 WIB, sebagai berikut:

  • NTT-3 : Kabupaten Timor Tengah Utara
  • NTT-4 : Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka
  • Papua Barat-1 : Kota Sorong, Kabupaten Sorong Riau-4 : Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti

Setelah dimatikan, siaran TV analog akan sepenuhnya dialihkan ke siaran TV digital.

Jadwal di 53 wilayah siaran ASO ditunda

Jumlah wilayah yang tidak lagi bisa menonton siaran TV analog menyusut dari jadwal sebelumnya. Apabila mengacu pada jadwal sebelumnya, Kominfo menargetkan 56 wilayah siaran yang mencakup 166 kabupaten/kota di Indonesia yang siaran TV analognya akan dimatikan total pada ASO Tahap I, 30 April 2022.

Itu artinya masih ada 53 wilayah dari 56 wilayah siaran yang jadwal ASO-nya ditunda. Adapun beberapa wilayah tersebut adalah Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten.

Dengan demikian, masyarakat di wilayah-wilayah tersebut masih bisa menonton televisi menggunakan antena biasa pada 30 April 2022.

Baca juga: Ini Wilayah yang Siaran TV Analognya Batal Dimatikan pada 30 April 2022

Sayangnya, Johnny sendiri tidak menjelaskan lebih lanjut kapan tepatnya wilayah ASO Tahap I selain tiga wilayah siaran di atas akan dimatikan total.

Johnny hanya mengimbau masyarakat untuk memastikan televisi yang dimilikinya sudah bisa menerima sinyal TV Digital.

"Yang belum bisa menerima siaran digital diharapkan segera memasang perangkat set top box agar bisa menerima siaran digital," kata Menkominfo.

Sementara itu, kepada masyarakat yang termasuk kategori keluarga miskin, nantinya akan mendapatkan alokasi STB gratis dari pemerintah.

TV digital bisa dicoba sekarang

Pelaksanaan ASO sendiri dibagi menjadi tiga tahap. Siaran TV analog pada tahap pertama akan dimatikan paling lambat pada 30 April 2022. Tahap kedua dilakukan pada 25 Agustus 2022, sedangkan tahap akhir akan dilakukan selambat-lambatnya pada 2 November 2022.

Meski baru 3 wilayah siaran TV analog yang dimatikan total, wilayah siaran lain sebenarnya sudah bisa mencoba menyaksikan siaran TV digital mulai sekarang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com