Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Wujud Ponsel Pertama Bikinan Samsung

Kompas.com - 05/05/2022, 08:00 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Versus

KOMPAS.com - Samsung merupakan salah satu vendor ponsel global yang tak perlu diragukan lagi popularitasnya. Samsung punya segudang katalog ponsel, mulai dari feature phone hingga smartphone.

Selama beberapa tahun belakangan, Samsung juga rutin mengembangkan ponsel lipat yang inovatif, melalui lini smartphone Z Fold dan Flip-series. Samsung juga dikenal sebagai salah satu brand ponsel tertua.

Awal mula masuknya Samsung ke dalam industri telepon genggam dimulai sejak era 80-an. Pada tahun 1985, untuk pertama kalinya Samsung meluncurkan SC-1000 sebagai ponsel perdana buatan perusahaan.

Namun, SC-1000 tidak bisa dikategorikan sebagai telepon genggam karena tidak bisa dibawa secara leluasa.

Pasalnya, Samsung SC-1000 didesain hanya untuk penggunaan di dalam mobil. Ponsel tersebut hanya bisa digunakan jika terhubung dengan kendaraan roda empat. Ponsel itu pun tidak sukses di pasaran.

Baca juga: Harga Smartphone Diprediksi Makin Mahal, Tertinggi di Korea Selatan

Samsung kemudian menghabiskan dua tahun untuk melakukan riset dan pengembangan.

Hingga pada tahun 1988, Samsung SH-100 hadir sebagai ponsel pertama Samsung, sekaligus yang pertama yang diproduksi di Korea Selatan.

SH-100, ponsel genggam pertama yang diluncurkan Samsung di tahun 1988.Google Arts & Culture SH-100, ponsel genggam pertama yang diluncurkan Samsung di tahun 1988.

SH-100 kemudian mulai dipasarkan di Korea Selatan bertepatan dengan menjelang digelarnya ajang Summer Olympics.

Meski demikian, SH-100 juga tidak cukup populer di pasaran. Samsung hanya berhasil menjual sekitar 1.000-2.000 unit ponsel SH-100 di Korea Selatan.

Secara keseluruhan, SH-100 memiliki desain cukup kaku dengan antena yang cukup panjang. Bodinya yang mengusung bentuk menyerupai persegi panjang mempunyai dimensi 11 x 45 x 5 cm.

Ponsel ini dilengkapi dengan total 21 tombol, di mana 12 tombol di antaranya difungsikan sebagai tombol angka dan karakter spesial seperti tanda bintang (*) dan pagar (#).

Di bagian atas tombol, tertera sebuah layar yang cukup mungil. Layar tersebut mampu menunjukkan informasi nomor yang sedang dihubungi dengan tampilan monokrom.

Usai merilis SH-100, Samsung mulai melahirkan banyak ponsel lain mulai dari SH-770 di tahun 1994, SCH-800 di tahun 1998, dan SH-A2000 pada tahun 2000.

Samsung memang telah memulai debutnya di industri ponsel sejak lama, meski bukan menjadi yang pertama.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Versus, Selasa (5/5/2022), Tren ponsel genggam pertama kali dimulai oleh Motorola pada 3 April 1973.

Pada saat itu, perusahaan asal AS ini meluncurkan DynaTAC 8000X yang memiliki fungsi utama untuk melakukan panggilan telepon.

Baca juga: Studi Terbaru Sebut Smartphone Tidak Sebabkan Tumor Otak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Versus
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com