Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal-usul Android yang Awalnya Dirancang Bukan untuk Smartphone

Kompas.com - 06/05/2022, 19:30 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber PC World

KOMPAS.com - Google baru saja merilis sistem operasi (operating system/OS) Android 13 versi beta tahap pertama kepada publik. Android 13 merupakan penerus dari Android 12 yang dirilis pada Oktober 2021.

Selama hampir 15 tahun terakhir ini, Google memang rutin meluncurkan sistem operasi bikinannya. Kini, Android pun sukses menjadi sistem operasi ponsel yang paling banyak digunakan di dunia, mengalahkan iOS, Windows, KaiOS, dan OS lainnya.

Di balik kesuksesannya sebagai OS ponsel, tahukah kalian bahwa ternyata Android awalnya bukan dirancang sebagai sistem operasi ponsel?

Bukan untuk ponsel, Android mulanya dikembangkan sebagai sistem operasi kamera digital. Hal ini terungkap ketika salah satu pendiri Android, Andy Rubin, menyampaikan sebuah sambutan di Tokyo pada 2013 silam.

Baca juga: Profil Andy Rubin, Mantan Karyawan Apple yang Jadi Pendiri Android

Menurut penuturan Rubin, pada awal pengembangan, ia bermimpi untuk membuat platform "kamera pintar" menggunakan Android. Platform tersebut memungkinkan kamera terhubung ke PC, termasuk penyimpanan foto secara online di cloud.

Pada April 2004, Rubin dan pendiri Android lainnya sudah sempat bertemu investor untuk mempromosikan platform kamera digital dengan Android ini.

Dalam satu slide presentasi, platform kamera itu disebutkan akan terhubung melalui kabel atau nirkabel dengan PC di rumah. Selanjutnya, PC akan ditautkan ke pusat data (data center) Android.

Baca juga: Google Singkirkan Semua Patung Android dari Kantor Pusatnya, Ada Apa?

Disulap jadi OS ponsel dalam 5 bulan

Namun, ketika itu, pertumbuhan bisnis kamera digital tengah melambat karena teknologinya sudah mulai pasaran. Sehingga, Android tak jadi diluncurkan sebagai sistem operasi untuk kamera digital.

Rubin dan kawan-kawan pun memilih untuk mengubah haluan bisnisnya. Dari kamera digital, Android disulap menjadi sistem operasi untuk handset alias ponsel dalam waktu lima bulan saja.

Versi pertama Android 1.0 sendiri pertama kali dirilis ke publik pada November 2007 silam. Sejak saat itu, Android terhitung sudah merilis lebih dari 10 versi utama dari Android hingga saat ini.

Beberapa versi Android yang paling populer menurut data Statista ialah Marshmallow, Nougat, dan Lollipop. Sejak diluncurkan sekitar 15 tahun silam, Android sudah banyak bertransformasi, mulai dari segi antarmuka hingga fitur yang dibawa.

Tampilan homepage Android 1.0 dan browser web yang belum sempurna (belum disebut Chrome).Computerworld Tampilan homepage Android 1.0 dan browser web yang belum sempurna (belum disebut Chrome).
Android jadi sistem operasi terbuka (open source)

Rubin menceritakan, ketika itu, ia sebenarnya khawatir bila Android harus bersaing dengan software buatan Microsoft (Windows) dan Symbian (Nokia).

"Saya khawatir tentang Microsoft dan Symbian, tapi saya belum khawatir tentang iPhone (iOS)," kata Rubin.

Namun, Rubin melihat peluang Android dapat tumbuh bila masuk ke pasar smartphone yang ketika itu disebut tengah berkembang pesat. 

Sejak awal, Android menganggap produknya sebagai platform untuk menjual layanan dan produk lain. Itulah mengapa Android lebih mengincar prospek pertumbuhan, ketimbang pendapatan per unit.

Baca juga: Kisah Asmara di Balik Mundurnya Bapak Android dari Google

Halaman:
Sumber PC World
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com