Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Fitur Baru WhatsApp Meluncur, Reactions Hingga Tampung 512 Anggota Grup

Kompas.com - 07/05/2022, 15:01 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp menggulirkan tiga fitur baru dalam aplikasinya. Fitur ini mencakup kemampuan untuk memberikan reaksi pada pesan atau chat yang disebut fitur WhatsApp Reactions.

Selain itu, WhatsApp juga menghadirkan dukungan jumlah peserta yang lebih banyak untuk WhatsApp Group hingga dukungan kirim file sampai 2 GB.

Menurut postingan WhatsApp dalam blog resminya, fitur WhatsApp Reactions sudah diluncurkan ke pengguna. Adapun fitur dukungan kirim file besar dan jumlah pengguna grup yang ditingkatkan, akan dirilis secara bertahap.

WhatsApp Reactions

Fitur ini bisa digunakan pengguna untuk menanggapi chat dari pengguna lainnya dengan memakai emoji yang tersedia. Fitur Reactions di WhatsApp sendiri diumumkan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui akun Facebooknya.

Baca juga: Fitur WhatsApp Reactions Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

"Fitur WhatsApp Reactions mulai diluncurkan hari ini," kata Zuckerberg dalam postingannya sembari menunjukkan daftar emoji untuk WhatsApp Reaction.

Terdapat enam emoji yang bisa dipakai pengguna untuk menanggapi sebuah chat, terdiri dari emoji jempol, hati, tertawa, sedih, terkejut hingga emoji kedua tangan simbol terimakasih.

Ke depannya, Zuck berkata akan menambah jumlah emoji agar lebih banyak reaksi yang bisa diungkapkan pengguna pada chat di WhatsApp.

Fitur WhatsApp Reactions juga sudah bisa dicoba di Indonesia, meskipun belum tersedia bagi semua pengguna.

Baca juga: Fitur WhatsApp Reactions Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Anggota WhatsApp Group hingga 512 orang

WhatsApp menambah batas kapasitas grup WhatsApp hingga 512 orang dari semula 256 orang. Dukungan ini ditujukan agar pengguna bisa membuat komunitas, selain grup kecil dengan anggota yang sedikit.

Menurut WhatsApp, dukungan ini merupakan salah satu permintaan yang amat dinanti pengguna WhatsApp. Untuk itu, fitur ini sudah tersedia bagi pengguna, namun dirilis secara bertahap.

"Salah satu permintaan teratas yang kami terima terus menerus adalah opsi menambahkan lebih banyak orang ke obrolan, jadi sekarang kami secara perlahan meluncurkan kemampuan untuk menambahkan hingga 512 orang ke grup," kata WhatsApp dikutip KompasTekno dari blog perusahaan, Sabtu (7/5/2022).

Baca juga: 7 Cara Mengatasi WhatsApp Versi Desktop yang Error

Kirim file sampai 2 GB

Seperti dirumorkan sebelumnya, WhatsApp akhirnya meluncurkan dukungan kirim file media yaitu foto atau video berukuran sampai 2 GB. Ukurannya meningkat berkali lipat dari semula hanya 100 MB.

Menurut WhatsApp, file media yang dikirimkan melalui aplikasinya akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end, termasuk file berukuran besar.

Saat pengguna mengirim file besar, WhatsApp menyarankan agar memakai konektivitas WiFi mengingat file besar membutuhkan data yang besar pula.

Dalam prosesnya, pengguna juga dapat melihat proyeksi durasi file akan terkirim melalui tampilan WhatsApp.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com